SENI INSTALASI YOGYAKARTA

Assalamu’alaikum ya akhi ya ukhti
Salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan kali ini kami dari kelas seni rupa XII IPA 2 akan mempresentasikan hasil diskusi dari kelompok kami yang berjudul “Seni Instalasi Yogyakarta”. Berikut presentasinya,
* Pengertian:
menurut kelompok kami, seni instalasi merupakan karya seni rupa yang diciptakan dengan menggabungkan berbagai media, membentuk kesatuan baru, dan menawarkan makna baru. Karya seni instalasi tampil secara bebas tidak menghiraukan pengelompokan cabang- cabang seni rupa ( seni lukis, seni patung, seni grafis, dll).

*Ciri Khas Seni Instalasi:
a. secara visual: secara fisik seni instalasi memiliki ciri khas yang dibentuk dari gabungan berbagai media yang dirangkai menjadi satu kesatuan yang padu, sehingga akan membentuk kesatuan baru yang memiliki makna tertentu.

b. secara makna: makna yang terkandung dari seni instalasi merupakan hal-hal yang bersifat kontemporer dan juga mengandung kritik, sindiran atau keprihatinan atas peristiwa yang terjadi saat ini.

salah satu contoh seni instalasi sebagai berikut :


Menatap Pintu Semesta

Apresiasi Karya :
karya seni isnstalasi diatas berjudul MENATAP PINTU SEMESTA yang diciptakan oleh Purjito, seniman dari Yogyakarta pada tahun 2009 dengan ukuran 220 x 100 x 100 cm menggunakan media Kayu dan Polyresin.Menurut kelompok kami, makna dari seni instalasi diatas adalah berkarya merupakan cara dan bentuk belajar tentang bagaimana mengisi hidup, dengan menyapa diri dan sekaligus yang lain sebagai hubungan yang tak terpisahkan. sehingga waktu terisi penuh tanda – tanda ungkapan jiwa, apapun bentuk dan kwalitasnya merupakan proses pribadi berkarya dekat dengan mimpi – mimpi . Berkarya bisa mengurangi dunia yang bebas tanpa hambatan. Dengan berkarya, pikiran dan jiwa menjadi sehat sehingga terjaga keseimbanganya. Berkarya merupakan tantangan, perlu keberanian, keyakinan dan sikap yang terus menerus harus menekuninya. Dari seni instalasi diatas, Purjito ingin dunia ini menjadi kecil dan semua ada di dekatnya, sebagai bagian seni hidup yang lebih luas dan mendalam.

wahai ukhti dan akhi alias teman – temanku semuanya, demikianlah presentasi dari kelompok 7 kelas seni rupa XII IPA 2 yangt beranggotakan: Dewi Mashitoh, Fitriya Nur Rahmah, Galuh Ajeng Listyaningrum, dan Elisa Roma Dome Sihite, apabila ada kesalahan, kami mohon maaf,, burung irian, burung cendrawasih, cukup sekian dan trimakasih. ..
wassalamualaikum warahmatullahi wabarukatuh..
ingin tau info seni rupa instalasi lebih lanjut ?????
klik aja disini atau disini

kami tunggu kritik dan sarannya ya ….

Iklan

6 comments on “SENI INSTALASI YOGYAKARTA

    • wa’alaikumsalam..
      maaf sebelumnya, memang bila kita mencari resensi tentang sejarah seni instalasi melalui internet akan memperoleh jawaban yang sangat beragam, oleh karena itu apabila ditinjau dari beberapa sumber yang sangat beragam tersebut diperoleh sbb:
      1. menurut sumber wikipedia, ensiklopedia bebas adalah Marcel Duchamp, dengan karyanya yang berjudul Fountain pada tahun 1917.
      2. menurut sumber http://eprints.undip.ac.id/1277/2/Muhamad_Syarif_H.pdf tentang Yogyakarta Contemporary Art Gallery_104 pada sub bab 1.3.3. Seni Instalasi pd halaman 7 tertulis bahwa pd th 1960-an sudah terdapat medium seni rupa instalasi. jadi, peristiwa ini semakin memperkuat bukti bahwa sebelumnya telah muncul seni instalasi.
      3. untuk mengetahui sejarahnya secara lebih mendalam terutama seni rupa instalasi yogyakarta silahkan membaca buku yang berjudul “peta seni rupa kontemporer yogyakarta” dg penerbit cemeti. trimakasih

      Suka

    • terimakasih 🙂
      benar sekali, hidup ini tak kan lengkap bila tidak diisi dengan saling belajar satu dengan yang lain. karena manusia memang tempatnya salah dan kurang, namun bila saling belajar dan saling bertukar ide dan disatukan akan menemukan satu titik temu kebenaran.

      Suka

  1. * maaf ada ralat *
    untuk mengetahui lebih lanjut mengenai seni kontemporer khususnya seni instalasi, bisa studi literatur OUTLET “Yogya Dalam Peta Seni Rupa Kontemporer Indonesia”. penerbit : Yayasan Seni Cemeti Yogyakarta, dengan pengarangnya adalah:
    Marianto, M. Dwi
    Supangkat, Jim
    Zaelani, Rizki A.
    Irianto, Asmudjo Jono
    Sumartono
    atau bisa studi literatur dengan membuka alamat berikut http://www.ivaa-online.org/library/index.php?p=show_detail&id=1321

    terimakasih 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s