Assalamu’alaikum ya akhi ya ukhti
Salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan kali ini kami dari kelas seni rupa XII IPA 2 akan mempresentasikan hasil diskusi dari kelompok kami yang berjudul “Seni Instalasi Yogyakarta”. Berikut presentasinya,
* Pengertian:
menurut kelompok kami, seni instalasi merupakan karya seni rupa yang diciptakan dengan menggabungkan berbagai media, membentuk kesatuan baru, dan menawarkan makna baru. Karya seni instalasi tampil secara bebas tidak menghiraukan pengelompokan cabang- cabang seni rupa ( seni lukis, seni patung, seni grafis, dll).

*Ciri Khas Seni Instalasi:
a. secara visual: secara fisik seni instalasi memiliki ciri khas yang dibentuk dari gabungan berbagai media yang dirangkai menjadi satu kesatuan yang padu, sehingga akan membentuk kesatuan baru yang memiliki makna tertentu.

b. secara makna: makna yang terkandung dari seni instalasi merupakan hal-hal yang bersifat kontemporer dan juga mengandung kritik, sindiran atau keprihatinan atas peristiwa yang terjadi saat ini.

salah satu contoh seni instalasi sebagai berikut :


Menatap Pintu Semesta

Apresiasi Karya :
karya seni isnstalasi diatas berjudul MENATAP PINTU SEMESTA yang diciptakan oleh Purjito, seniman dari Yogyakarta pada tahun 2009 dengan ukuran 220 x 100 x 100 cm menggunakan media Kayu dan Polyresin.Menurut kelompok kami, makna dari seni instalasi diatas adalah berkarya merupakan cara dan bentuk belajar tentang bagaimana mengisi hidup, dengan menyapa diri dan sekaligus yang lain sebagai hubungan yang tak terpisahkan. sehingga waktu terisi penuh tanda – tanda ungkapan jiwa, apapun bentuk dan kwalitasnya merupakan proses pribadi berkarya dekat dengan mimpi – mimpi . Berkarya bisa mengurangi dunia yang bebas tanpa hambatan. Dengan berkarya, pikiran dan jiwa menjadi sehat sehingga terjaga keseimbanganya. Berkarya merupakan tantangan, perlu keberanian, keyakinan dan sikap yang terus menerus harus menekuninya. Dari seni instalasi diatas, Purjito ingin dunia ini menjadi kecil dan semua ada di dekatnya, sebagai bagian seni hidup yang lebih luas dan mendalam.

wahai ukhti dan akhi alias teman – temanku semuanya, demikianlah presentasi dari kelompok 7 kelas seni rupa XII IPA 2 yangt beranggotakan: Dewi Mashitoh, Fitriya Nur Rahmah, Galuh Ajeng Listyaningrum, dan Elisa Roma Dome Sihite, apabila ada kesalahan, kami mohon maaf,, burung irian, burung cendrawasih, cukup sekian dan trimakasih. ..
wassalamualaikum warahmatullahi wabarukatuh..
ingin tau info seni rupa instalasi lebih lanjut ?????
klik aja disini atau disini

kami tunggu kritik dan sarannya ya ….