Eye Of Horus Mesir

Periode peradaban mesir kuno di bagi menjadi tiga zaman yaitu : Mesir Tua (3400-2160SM), Mesir Tengah(2160-1788 SM) dan Mesir Muda (1500-1100 SM).Bangsa Mesir mempunyai peninggalan kebudayaan tertua di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa kebudayaan Mesir Kuno sudah berkembang dan maju.
Kepercayaan yang kuat terhadap agama dan kehidupan spiritual sangat mempengaruhi bentuk kesenian yang dihasilkan bangsa Mesir. Bangsa Mesir percaya orang mati masih membutuhkan keperluan seperti di dunia karena nanti akan di bangkitkan lagi. Oleh karena itu peninggalan Mesir banyak berupa kuburan dalam bentuk Piramid dan Mastaba, bangunan lain adalah kuil tempat pemujaan dewa. Seni bangunan Mesir yang terkemuka adalah Piramid, yaitu bangunan yang berfungsi untuk menyimpan mayat yang diawetkan. Piramid terbesar adalah Piramida Cheops di Giza. Karya seni yang lain adalah kerajinan yang terbuat dari emas, perak, kayu ,tulang dan tembikar.
Mesir kuno juga memiliki banyak mitologi-mitologi. Karena mesir kuno penganut Politheis atau berdewa banyak. Salah satu mitologinya adalah Eye of Horus


Eye of Horus

Eye of Horus merupakan dewa yang paling tinggi pada mitologi mesir kuno, dewa yang berkepala burung yang berada di atas kekuasaan sang Pharaoh atau Raja. Eye of Horus juga disebut sebagai dewa Matahari yang memiliki kekuasaan tertinggi, sehingga jika ada orang berjalan dihadapan patungnya, harus dengan langkah kaki kiri di depan sebagai lambang mempersembahkan jantung. Eye of Horus juga bisa diginakan sebagai pelindung atau kalung penyembuh,dan juga dapat digunakan sebagai perhiasan mewah karena kepercayaan pada hal mistis atau gaib pada mesir kuno sangat kental.

Editor :Ahmad Faisal,Cahya Kusuma W,Chandra Maleo,Ilham H (XI IPS 1) Sulistiyanto,Toton Aristono (XI IPA 5)

Iklan

2 comments on “Eye Of Horus Mesir

  1. selamat malam, saya mau tanya. apakah makna/arti eye of horus tersebut ? dan kenapa sangat mempengaruhi perkembangan seni rupa mesir ?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s