“BHINEKA TUNGGAL IKA”

LATAR BELAKANG
Indonesai merukan negara yang sangat banyak dengan suku , adat, dan bahasa. Namun akhir-akhir ini sangat banyak perpecahan di berbagai suku dan bahasa. Sebagai contoh banyak bentrokana antar suku yang dilatar belakangi oleh hal sepele.oleh sebab itu kami mencoba menggambarkan bagaimana seharusnya suku-suku di indonesia ini bisa menjadi satu dan mengedepanka semboyan “BHINEKA TUNGGAL IKA” ini menjadi satu kesatuan yang utuh melalui karya seni instalasi yang kami buat

Anggota kelompok :

Deka tri (XII IPA 5)
Simon Alexander (XII IPA 5)
Abi nugraha (XII IPA 5)
Donan haryo (XII IPA 5)
Toton aristono (XII IPA 5)
Danan jaya (XII IPA 5)
Wahyu septiana (XII IPA 5)
Sukma audiena (XII IPA 5)
Dian khansa (XII IPA 5)
Ilham hafid (XII IPS 1)
Ahmad (XII IPS 1)
Shandy (XII IPS 1)
Anggun (XII IPS 1)

Proses Pembuatan Karya Seni Instalasi

Pembuatan karya seni Instalasi ini berawal dari Tugas yang di berikan oleh  guru seni rupa di sekolah kami, pada saat itu kami di bentuk kelompok berdasarkan karya lukis instalasi, dan kami memiliki kelompok yang beranggotakan 13 orang dengan tema BHINEKA TUNGGAL IKA, setelah itu kami mulai memilih satu dari karya lukis instalasi yang kami buat, dan kami memilih karya Simon Alexander sebagai seni yang akan kami buat, dan memilih Deka tri sebagai ketua kelompok kami, dalam lukisan yang kami pilih tergambar 1 burung garuda yang dikelilingi oleh 5 suku (jawa,Sumatra,bali,Kalimantan,dan Sulawesi) di Indonesia
1
2

Hari hari berikutnya kami mulai mengerjakan karya seni Instalasi kami, dengan langkah awal untuk memulai, kami iuran dana untuk pembelian bahan-bahan yang kami perlukan dengan iuran. Salah satu kelompok kecil kami (deka,danan,ilham) mulai membeli bahan-bahan seperti : kardus, lem UHU, pemesanan Benner burung garuda dan 5 pakaian adat, bamboo ukuran 2m, kaleng bekas, karton, kertas asturo, dan kawat.

4

3

Mulai tanggal 6 januari sampai 16 februari 2014 kami mulai mengerjakan karya Instalasi ini. Dimulai dari pengguntingan dan pengelemam pada kardus dan benner, setelah itu memasangkan bambu di belakang kardus yang sudah di lem UHU pada benner, kami melakukan kegiatan ini di halaman sekolah dan dirumah danan yang sebagai tempat penyimpanan barang-barang. Setelah itu kami memasukan bambu yang telah terpasang dengan benner pada kaleng yang bersisi semen seperti gambar berikut

5

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s