SENI DAN DESAIN (XI IPA 3 DAN 4)

GAYA INTERNASIONAL

Dirilis oleh Hitchock dengan Philip Johnson saat menyelenggarakan pameran The Internasional Style di museum seni modern New York.
Ciri gaya internasional :
• Simetris
• Geometri
• Simple dan bentuk lebih sederhana
• Mewah dan elegan

Philip Jhonson Lahir di Cleveland Ohio. Awalnya ia bukan arsitek, ia bekerja sebagai kritikus, penulis, sejarawan, dan direktur museum. Pada tahun 1928 Philip Jhonson bertemu dengan arsitek Ludwig Nies Van der Rohe. Itulah awal Philip Jhonson masuk ke dunia arsitektur, mereka berkolaborasi mendesain Gedung Seagram di New York .

Glass House

http://en.wikipedia.org/wiki/Glass_House
The Glass House atau rumah Johnson, yang dibangun pada tahun 1949 di New Canaan, Connecticut, dirancang oleh Philip Johnson sebagai tempat tinggal sendiri.
Memiliki panjang 17m, lebar 9,8m, dan tinggi 3,2m. Rumah berdinding kaca dengan hanya bata silinder kecil yang menunjukan letak kamar mandi dan penghangat.
Furnitur yang digunakan di rumah tersebut berasal dari desain Mies Van De Rohe. Dibuat dari kaca bertujuan untuk menunjukan interior yang ada dalam rumah tersebut.

Christian D.N
Dejan Putra
Izzul Fikri
Muhamad U.Y

GAYA IMPRESIONISME

Impresionisme adalah suatu gerakan seni dari abad 19 yang dimulai dari paris pada tahun 1860-an. Karakteristik utamanya adalah kuatnya goresan kuas, warna-warna cerah (bahkan banyak sekali pelukis impresionis yang mengharamkan warna hitam karena dianggap bukan bagian dari cahaya),
Ciri gaya Impresionisme :
Cerah
Dikerjakan diluar ruangan
Goresan kuas pendek dan tebal
Tampak bayangan
Oscar-claude monet (monet) Ia lahir di Paris, 14 November 1840 dan meninggal di Giverny, 5Desember 1926 pada umur 86 tahun. Ia terkenal dengan karikatur-karikatur carchoalnya. Monet pertama kali mendapat pelajaran drawing dari Jean-Francois Ochard.

Claude_Monet,_Saint-Georges_majeur_au_crépuscule
San Giorgio Maggiore Al Crepuscolo

Dibuat dari tahun 1908-1912 dan dicat menggunakan cat minyak. Lukisan ini merupakan pandangan asli dari San Giorgo Maggiore di Venice, Italia. Berfokus pada menara katedral dan bel yang terletak di pantai pulau, keindahan pulau itu saat matahari terbenam digambarkan. Lukisan ini merupakan salah satu dari karya terbaik Monet. San Giorgio Maggiore Al Crepuscolo mulai terkenal karena film “The Thomas Crown Affair” pada tahun 1999 yang disutradarai oleh John McTiernan. Karya ini dimiliki oleh Museum Nasional dan Galeri Seni di Cardiff, Wales. San Giorgio Maggiore Al Crepuscolo juga kadang-kadang disebut sebagai  Dusk in Venice atau Sunset in Venice.
http://nadhiff.blogspot.com/2012/08/claude-monet.html
Alwan Ali M
Adinda Roweina R
Elsa Erwinsyah
Saras Nur’ain

ART DECO

Art Deco tercipta setelah Perang Dunia I dan berakhir sebelum Perang Dunia II (1920-1939). Art Deco menampilkan modernisasi dunia yang begitu cepat. Dalam perjalanannya, Art Deco dipengaruhi berbagai macam aliran modern, yaitu Kubisme, Futurisme, Konstruktivisme selain itu juga mengambil ide-ide desain kuno, seperti Mesir, Siria, dan Persia. Art Deco murni bersifat dekoratif dan dianggap anggun, fungsional dan ultra modern pada masa itu. Walaupun terlihat ultra modern, tetapi gayanya masih kembali ke zaman kuburan Mesir Kuno, seperti garis yang tegas, warna-warna yang kuat dan fitur arsitektural yang berbentuk zig-zag dalam objek tertentu.

Salah satu senimannya adalah Francisco Javier Ferrero. Ferrero lahir di Madrid pada tahun 1891. Dia dibesarkan dalam keluarga arsitek, dan tak heran dia menjadi seorang Arsitek yang terkenal di Spanyol. Dia disekolahkan di The School of Madrid pada tahun 1916. Dia bekerja untuk berbagai proyek konstruksi bangunan dan mereformasi kota Madrid sejak tahun 1919. Awalnya, gayanya yang berorientasi cenderung dipengaruhi oleh Ayahnya. Namun, sepanjang karirnya dia mendapat pemikiran teknis arsitektur yang baru, seperti penggunaan bahan baru seperti beton, dan mulai mengenal tren estetika baru seperti Art Deco. Ferrero meninggal secara tragis saat Perang Saudara pada tahun 1936.

Karyanya yang terkenal adalah The Viaduct of Madrid di jalan Segovia, Madrid. Sebelum jembatan The Viaduct of Madrid dibangun, dulunya (1874) terdapat jembatan dari kayu dan besi. Tetapi pada tahun 1934, mulai dibangun jembatan baru yang lebih luas dan dari beton. Jembatan tersebut selesai pada tahun 1945. Tujuan dibangunnya jembatan The Viaduct of Madrid adalah perpanjangan jalan Bailen dan menjembatani jalan Segovia dengan daerah Royal Palace dan Vistillas. Jembatan tersebut termasuk karya rekayasa yang luar biasa dengan lekungan parabola anggun. The Viaduct of Madrid terkenal juga dengan legenda hitam yang dikarenakan banyaknya angka bunuh diri di Jembatan tersebut. Pada tahun 1975 sempat ditutup karena lalu lintas yang padat dan akan segera dibongkar. Pada tahun 1976 digelar diskusi untuk membahas Viaduct di College of Architects Madrid bahwa jembatan itu tidak rasional melainkan harus dibingkai dalam gaya Art Deco.  Jembatan The Viaduct of Madrid direnovasi antara tahun 1977 sampai 1978. Ketika dibuka kembali untuk lalu lintas setelah direnovasi penggabungan platform sehingga bisa menompang beban yang lebih berat. Jembatan tersebut telah menjadi ikon kota Madrid.

http:/madrid-art-deco.blogspot.com/

http://id.wikipedia.org/wiki/Art_Deco

http://es.wikipedia.org/wiki/Francisco_Javier_Ferrero

http://es.wikipedia.org/wiki/Viaducto_de_Segovia

Dwi Mira A. R. (XI IPA 3 / 09)
Esy Dwi R. S. (XI IPA 3 / 11)
Tiara Yuda F (XI IPA 3 / 31)
Vina Rafika S. (XI IPA 3 / 32)

Surealisme

Surealisme ialah gerakan budaya yang bermula pada pertengahan tahun 1920-an. Surealisme merupakan seni dan penulisan yang paling banyak dikenal. Karya ini memiliki unsur kejutan, barang tak terduga yang ditempatkan berdekatan satu sama lain tanpa alasan yang jelas. Banyak seniman dan penulis surealis yang memandang karya mereka sebagai ungkapan gerakan filosofis yang pertama dan paling maju. Karya tersebut merupakan artefak, dan André Breton mengatakan bahwa surealisme berada di atas segala gerakan revolusi. Dari aktivitas Dadaisme, surealisme dibentuk dengan pusat gerakan terpentingnya di Paris. Dari tahun 1920-an aliran ini menyebar ke seluruh dunia. Surealisme memengaruhi film seperti Angel’s Egg dan El Topo.
mc2
Salah satu lukisan Marc Zakharovich Chagall paling terkenal selesai tahun depan yakni, I and Village, 1911. Hal ini dianggap menjadi bagian surealis, tetapi memiliki kekakuan karena kekurusan cubist dari sebuah karya Picasso. Lukisan ini berfokus pada masa lalu, dan cintanya kepada desanya. Domba dan wajah hampir menyentuh, dengan bunga di bawah ini, seolah-olah mereka sedang jatuh cinta. Ini memiliki warna yang sangat ekspresif, untuk menekankan emosi lukisan ini, yaitu cinta dan kebahagiaan.

Marc Zakharovich Chagall
mc
Marc Chagall lahir Moishe Segal dalam sebuah keluarga Yahudi di Liozna, dekat kota Vitebsk (Belarus , maka bagian dari Kekaisaran Rusia) pada tahun 1887. Pada saat kelahirannya, populasi Vitebsk adalah sekitar 66.000 , dengan setengah penduduk menjadi Yahudi sebuah kota indah gereja dan sinagog, itu disebut. ” Rusia Toledo “, setelah kota kosmopolitan bekas Kerajaan Spanyol. Sebagai kota itu dibangun sebagian besar dari kayu, sedikit itu selamat tahun pendudukan dan kehancuran selama Perang Dunia II.
Chagall adalah sulung dari sembilan anak. Nama keluarga, Shagal, adalah varian dari nama Segal, yang dalam komunitas Yahudi biasanya ditanggung oleh keluarga Levitic. Ayahnya, Khatskl (Zachar) Shagal , dipekerjakan oleh pedagang herring , dan ibunya , Feige – Ite, menjual bahan makanan dari rumah mereka. Ayahnya bekerja keras, membawa barel berat tapi produktif hanya 20 rubel setiap bulan. Chagall kemudian akan mencakup motif ikan” untuk menghormati ayahnya”, tulis penulis biografi Chagall, Jacob Baal – teshuva. Chagall menulis tentang tahun-tahun awal :
Hari demi hari , musim dingin dan musim panas , pada pukul enam pagi , ayah saya bangun dan pergi ke rumah ibadat . Di sana ia mengatakan doa yang biasa untuk beberapa orang yang sudah mati atau lainnya. Setelah kembali, ia membuat siap samovar , minum teh dan mulai bekerja . Pekerjaan neraka , karya seorang dapur – budak . Mengapa mencoba untuk menyembunyikannya ? Bagaimana menceritakan tentang hal itu ? Tidak ada kata akan pernah meringankan banyak ayahku … Selalu ada banyak mentega dan keju di meja kami . Roti mentega , seperti simbol abadi , tidak pernah keluar dari tangan kekanak-kanakan saya.
Salah satu sumber pendapatan utama penduduk Yahudi kota itu dari pembuatan pakaian yang dijual di seluruh Rusia . Mereka juga membuat furniture dan berbagai alat-alat pertanian. Dari akhir abad ke-18 Perang Dunia Pertama , pemerintah Rusia terbatas Yahudi untuk hidup dalam Pale of Settlement , yang termasuk modern Ukraina , Belarus , Polandia , Lithuania , dan Latvia , hampir persis sesuai dengan wilayah Persemakmuran Polandia-Lithuania baru-baru ini diambil alih oleh Kekaisaran Rusia . Hal ini menyebabkan penciptaan Yahudi – pasar desa (shtetls) sepanjang hari ini Eropa Timur , dengan pasar mereka sendiri , sekolah, rumah sakit , dan lembaga-lembaga masyarakat lainnya.

Sebagian besar dari apa yang diketahui tentang kehidupan awal Chagall telah datang dari otobiografinya , My Life . Di dalamnya , ia menggambarkan pengaruh besar bahwa budaya Hasid Yahudi telah hidup sebagai seorang seniman . Vitebsk sendiri telah menjadi pusat kebudayaan yang berasal dari tahun 1730-an dengan ajaran-ajarannya berasal dari Kabbalah . Chagall sarjana Susan Goodman menjelaskan link dan sumber seni untuk rumah awal:
Art Chagall dapat dipahami sebagai respon terhadap situasi yang telah lama menandai sejarah Yahudi Rusia . Meskipun mereka inovator budaya yang membuat kontribusi penting untuk masyarakat yang lebih luas , orang-orang Yahudi dianggap orang luar dalam masyarakat yang sering bermusuhan … Chagall sendiri lahir dari sebuah keluarga yang mendalami kehidupan beragama; orangtuanya jeli Yahudi Hasid yang menemukan kepuasan spiritual dalam . hidup ditentukan oleh iman mereka dan diselenggarakan oleh doa.

Iqbal Fauzi P
Fitri Yuliati
Iqbal Andi F
Kriesdianto Dony W

Konstruktivisme

Konstruktivisme adalah gaya desain yang berkembang sekitar tahun 1913 hingga 1920, merupakan pengaruh Kubisme yang berkembang di Russia. Estetika menurut seniman Konstruktivisme berkaitan dengan bentuk atau bidang geometris kinetik, sebagai sebuah cerminan jaman modern yang dikuasai oleh mesin. Menurut El Lissitzky, bidang persegi empat adalah sumber dari segala ekspresi kreatif. Awalnya gaya seni / gaya desain ini hanya mengeksplorasi bentuk geometris saja, namun karena pesan menjadi kurang efektif dan efisien maka dipakailah sosok atau figur manusia, sehingga dikenal dengan istilah Sosial Realisme.

Para seniman Konstruktivisme adalah pelopor pembaharuan (Russian Avant-Garde) seni Rusia. Konstruktivisme adalah seni resmi untuk pemerintahan Bolshevik di Russia. Konstruktivisme menjadi seni propaganda komunis Soviet, sarat dengan muatan-muatan kampanye pemerintahan baru pasca Revolusi Bolshevik.

Latar Belakang Konstruktivisme

Konstruktivisme pertama kali diperkenalkan di Russia pada tahun 1913 oleh pemahat / arsitek berkebangsaan Russia, Vladimir Tatlin dari hasil perantauannya di Paris. Nama “Konstruktivisme” sendiri adalah deskripsi diri karena para seniman akan menggunakan material seperti besi, kabel, beton, plastik, dan bahkan kayu yang membangun karya tiga dimensional mereka. Nama Konstruktivisme tidak menjelaskan pergerakan yang detil tetapi lebih merupakan sebuah trend dalam bidang lukisan, pahat, dan khususnya gabungan para seniman dan seni-seni mereka dengan produksi mesin, arsitektur, dan seni terapan.

Seni Konstruktivisme ini muncul untuk memperbaharui ide bahwa karya seni tidak hanya berputar sekitar “Seni Murni” saja. Salah satu seniman Konstruktivisme, Vladimir Tatlin berpendapat bahwa seni itu sendiri tidak terpaku pada seni murni saja, tetapi seni terapan pun memiliki nilai yang tidak kalah baik dibandingkan dengan seni murni. Jika seni murni hanya terpaku pada kanvas sebagai medianya, namun seni konstruktivisme juga memakai media lain selain kanvas, seperti poster, logo, perabotan, bangunan, dan patung.

Awal mulanya Vladimir Tatlin merupakan tukang pahat dan mulai membuat pahatannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain, lalu dia mengesampingkan referensi apapun untuk bentuk subjek atau tema yang dia teliti. Dan kemudian hasil karya ini menandai munculnya Konstruktivisme. Unsur seni kubisme lebih banyak diterapkan di seni Konstruktivisme, karena di awal pembuatan Vladmir Tatlin melihat karya dari Picasso sebagai refrensi karyanya yang beraliran Kubisme dan ia mulai membuat karya seni baru yang disebut dengan seni konstruktivisme.

a
“Monument To The Third International” adalah salah satu karya arsitektural oleh Vladimir Tatlin, Seorang seniman aliran Konstruktivisme, karya ini merupakan salah satu karya Konstruktivisme yang terkenal.

Gaya seni ini juga muncul sebagai pelopor gerakan pembaharuan seni di Russia, yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh kaum Borjuis saja. Vladmir Tatlin sebagai salah satu pelopor seni konstruktivisme berpendapat bahwa seni harus bisa dinikmati oleh semua kalangan secara merata, baik kalangan Borjuis maupun kalangan Proletar/bawah, sehingga tidak boleh ada pembedaan seni untuk kelas atas (kaum Borjuis), maupun kelas bawah (kaum Proletar).

Konstruktivisme bersama Futurisme dan De Stijl banyak memengaruhi desain grafis ketika seniman-seniman aliran tersebut mengajar di sekolah Bauhaus. El Lissitzky juga banyak bereksperiman dengan Fotogram (memotret tanpa kamera) yaitu mengolah cahaya pada kertas foto di kamar gelap. Salah satu karya El Lissitzky yang terkenal adalah “Beat The Whites With The Red Wedge” yang kemudian dipakai oleh Lenin sebagai poster Propaganda.

b
“Beat the Whites with the Red Wedge” adalah poster propaganda litografik yang dipakai oleh Soviet pada tahun 1919, poster ini dibuat oleh seniman / Desainer Konstruktivisme Russia bernama Lazar Markovich Lissitzky atau juga dikenal sebagai El Lissitzky.

Ciri-ciri Gaya Seni Konstruktivisme

Gaya Seni / Gaya Desain Konstruktivisme adalah Gaya yang lebih mengarah ke optimistis, konstruksi relief yang tidak representational, pahatan, kinetic dan lukisan. Para senimannya tidak percaya pada ide yang abstrak, mereka lebih suka menghubungkan seni dengan ide yang konkrit dan jelas. Beberapa seniman Konstruktivisme menggunakan media seperti fotografi dan lithografi. Karya konstruktivisme biasanya bentuknya unik dan abstrak, juga simetris dan tebal serta mempunyai garis pemisah yang tegas. Karya ini biasanya membawa banyak simbolisme dan arti lebih dari sekedar lukisan atau dekorasi saja.

Dalam gaya Desain Konstruktivisme terdapat 3 Aspek penting antara lain: Aspek Tektonik adalah seperti tujuan / maksud si pembuat karya / desainer dalam menggunakan bahan / materi, Aspek Konstruksi adalah proses dalam mengolah materi tersebut, sedangkan Aspek Faktura adalah pemilihan bahan / materi yang tepat dalam sebuah karya.

Dalam karya seni konstruktivisme juga banyak dijumpai unsur-unsur bidang geometris karena karya seni ini banyak dipengaruhi oleh seni kubisme yang banyak menggunakan bidang kubus. selain itu dalam gaya ini juga mulai menggunakan ruang kosong dalam desainnya yang merupakan bagian dari seni modern, tidak seperti seni pada masa Renaissance yang sama sekali tidak memakai ruang kosong.

Sebagian besar karya konstruktivisme menggunakan warna merah, hitam, kuning, abu-abu dan putih. Penggunaan warna-warna tersebut dipengaruhi oleh gaya aliran Dadaisme. Layout dan tipografi yang tebal sering ditemui dalam seni Konstruktivisme seperti pada seni Dadaisme, serta penggunaan foto montage dalam gaya desain Konstruktivisme pun juga merupakan pengaruh dari gaya seni Dadaisme yang ada pada gaya desain Konstruktivisme.

c
Salah satu contoh desain bergaya Konstruktivisme karya Alexander Rodchenko ini menggunakan bidang geometris yang mempunyai garis pemisah yang tegas antara satu bidang dengan bidang yang lain, serta menggunakan teknik foto montage dalam desainnya, serta pada desainnya dia menggunakan tipografi yang tebal.
sumber:
Buku Tinjauan Desain karya Arief Adityawan, UNTAR, tahun 1999
http://en.wikipedia.org/wiki/Constructivism_(art)
http://www.rokokputih.blogspot.com/
http://creative5uite.wordpress.com/konstruktivisme/
http://nouveauholic.wordpress.com/2008/03/18/constructivism/

ADITYA HELAS R (XI IPA 4/02)
FORTUNELA WIDIAN S (XI IPA 3/13)
RAMADHANI WIDYA N (XI IPA 3/24)
RUFANDI NOOR R (XI IPA 3/27)

Iklan

3 comments on “SENI DAN DESAIN (XI IPA 3 DAN 4)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s