SENI DAN DESAIN (XI IPS 2 DAN 3)

IMPRESIONISME
Impresionisme adalah sebuah aliran yang berusaha menampilkan kesan-kesan pencahayaan yang kuat, dengan penekanan pada tampilan warna dan bukan bentuk. Aliran impresionisme muncul dari abad 19 yang dimulai dari Paris pada tahun 1860-an. Nama ini awalnya dikutip dari lukisan calude monet “impresion sunrise”. Karakteristik utama lukisan impresionisme adalah goresan kuas, warna-warna cerah(bahkan banyak sekali pelukis impresionis mengharamkan waran hitam karena dianggap bukan sebagai cahaya).

475px-Autoportret_Claude_Monet

Tokoh pelukis aliran impresionisme yang terkenal adalah Claude Oscar Monet yang lahir di Paris,Perancis pada 14 November 1840. Pada saat ia memasuki sekolah le havre, ia terkenal dengan karikatur carchoalnya. Monet mulai mengenal aliran impresionisme berawal dari Eugene Boudin yang mengajarkan teknik en plein air (melukis luar ruangan). Monet dengan kegigihannya memilih memperhatika jendela dan melukis pemandangan ddengan peralatan dan tekniknya sendiri. Kemudian ia bertemu dengan Auguste Renoir, Frederic Bazille, dab Alfred Sisley dan mereka sepakat mengembangkan teknik baru dalam senirupa dengan melukis berdasarkan efek pantulan cahaya dan aliran ini dikenal dengan Impresionisme.

(Impression, soleil levant)(1872/1873).

20120111170102!Claude_Monet,_Impression,_soleil_levant,_1872

Saat kembali ke Paris, sekitar 1872 – 1873 ia melukis Impression, Sunrise(Impression, soleil levant) yang menggambarkan pemandangan Le Havre. lukisan ini ditampilkan dalam pameran Impresionis pertama pada 1874 dan hingga kini menjadi koleksi Musée Marmottan-Monet, Paris. Dari judul yang sebenarnya asal pilih ini, Kritikus Louis Leroy memberikan sindiran “Kaum Impresionis”, yang kemudian malah terkenal sebagai identitas utama mereka.
Pada 1870, Monet and Doncieux menikah dan pada 1873 pindah ke rumah diArgenteuil di dekat Sungai Seine. Mereka mendapat anak kedua, Michel, pada 17 Maret, 1878. Istri Monet kemudian meninggal akibat tuberculosis pada 1879.
Alice Hoschedé membantu merawat kedua anak Monet. Mereka tinggal di Poissy. Pada April 1883 mereka pindahke rumah di Giverny, Eure, di Haute-Normandie, yang kemudian ditatanya dengan halaman kebun yang besar dan berusaha dilukisnya kembali hingga akhir hayatnya. Monet and Hoschedé menikah pada1892.
Pada periode 1880-an dan 1890-an, karya Monet banyak berkutat pada eksperimen lukisan dengan berbagai variasi sudut pandang dan cahaya. Seri pertamanya adalah Katedral Rouen from dari berbagai sudut pandang dalam waktu berbeda-beda sepanjang hari. Dua puluh sudut pandang ini kemudian dipamerkan di Durand-Ruel pada tahun 1895.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Impresionisme
Brian
Dio Sukma
Galih
Prandu

KUBISME
Kubisme adalah sebuah gerakan seni avant-garde abad ke-20 yang dirintis oleh Pablo Picasso dan Georges Braque. Gaya yang dikenal kubisme dikembangkan oleh Pablo Picasso pada tahun 1909-1912. Pablo Picasso adalah seorang pelukis dari spanyol.
Ciri-Ciri Kubisme:
• Menggambarkan lukisan dengan bentuk yang geometris, seperti bangun-bangun ruang berupa bidang segi empat atau bentuk dasar kubus.
• Terkadang kubisme menghapus kedalaman lukisan yang jelas.
• Latar dan obyek menembus satu sama lain untuk membentuk ruang ambigu dangkal yang menjadi salah satu karakteristik khusus dari kubisme.
• Konsep kubisme adalah menggambarkan beberapa sudut pandang sekaligus dalam sebuah lukisan, misalnya pandangan depan, samping dan atas.

Sumber: http://www.tahupedia.com/content/show/246/10-Lukisan-Paling-Terkenal-di-Dunia
Judul : Guernica
Karya : Pablo Picasso
Tahun : 1937
Tipe : cat minyak di atas kanvas
Dimensi : 349 cm x 776 cm
Lokasi : Museo Reina Sofia, Madrid, Spanyol.

guernica3
Sumber : http://www.pablopicasso.org/guernica.jsp

Guernica adalah karya Pablo Picasso yang paling mempunyai kekuatan politis. Lukisan ini di kenal sebagai karya besar pada abad ke-20. Lukisan ini mencerminkan sebuah kejahatan dari pemboman di kota Guernica, spanyol. Picasso ingin menarik perhatian dunia terhadap betapa kebiadaban dalam pemboman yang di lakukan di kota tersebut. Spanyol saat itu sungguh terluka. Orang-orang dalam lukisan tersebut terlihat tragis dan menyedihkan. Terdapat beberapa elemen pada lukisan ini seperti banteng, kuda, seorang wanita dengan anaknya yang meninggal, tangan prajurit, dan beberapa objek tersembunyi. Lalu juga ada lampu di sana, yang melambangkan harapan, di antara objek-objek lain yang berserakan dan seperti berteriak kesakitan.

ATHFAL RIJAL
VITA MEGARANI
PUTRI DEWI

EKSPRESIONISME

van_gogh
Asal mula istilah ekspresionisme tidak merujuk pada suatu pergerakan tertentu. Istilah tersebut digunakan Herward Walden dalam majalahnya Der Stum tahun 1912. Istilah ini bisa dihubungkan dengan karya lukisan dan grafis jerman pada perpindahan abad dan pertentangan terhadap tradisi akademik Der Bleau Reiter. Friedrich Nietzsche, seorang filsuf memegang peranan penting dalam menciptakan ekspresionisme modern dengan mengklarifikasi dan menghidupkan aliran seni kuno yang dulu di acuhkan.
Ekspresionisme lebih umum dikenal sebagai sebagai seni yang mengekspresikan emosi mendalam. Meskipun sebagian orang mengatakan tak semua seniman ekspresif, umumnya proses pembuatan karya seni didasarkan pada penekanan mendalam pada komukasi emosinal. Jenis seni maam ini kerap muncul saat terjadi konflik social.
Secara estetis, karya ekspresionisme tidaklah bagus namun aliran ini memiliki kemampuan menggugah emosi penonton melalui drama serta ketakutan melalui gambar yang ditampilkan.
Salah satu contoh karya seni eksprsionisme ( karya Van Gogh )

the-starry-night-wallpaper
Starry Night ( Malam Penuh Bintang ) tahun 1889
Lukisan tersebut menggambarkan pusaran angin yang secara matematis sangat mirip dengan pola pusaran angin sebenarnya. Likisan ini mengekspresikan kegairahan yang tinggi sekaligus perasaan kesepian. Lukisan ini cenderung menggunakan warna warna gelap sesuai keadaan yang sepi. Starry night ini merupakan salah satu karya Vincent Van Gogh yang merupakan pelukis Belanda yang dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Lukisan ini juga merupakan lukisan terpanjang di museum of modern art, New York city. Van Gogh baru menjadi seniman sekitar tahun 1880 sebelum diakui dunia ia bekerja pada sebuah perusahaan penjual karya seni, dan bekerja sebagai guru. Ia melayani sebagai misionaris yang bekerja diwilayah pertambangan yang sangat miskin. Mulanya karya karyanya menggunakan warna warna yang suram, baru ketika diparis ia berjumpa denganimpresionisme dan neo-impresionisme yang warna warnanya lebih cerah dan gaya lukisanya dikembangkan menjadi sebuah gaya yang unik dan mudah dikenali. Gaya lukisanya mencapai tingkat perkembangan yang penuh ketika ia tinggal di Arles, Prancis. Namun ketidakpuasan terhadap pengekangan ekspresiseni oleh pakem impresionisme membuat ia beralih pada gaya ekspresionisme.

sumber :
http://earoneinblog.blogspot.com/2009/04/lukisan-van-gogh-starry-night.html
http://payingattentiontothesky.com/2012/02/13/understanding-the-fanatic-heart-of-vincent-van-gogh-steven-naifeh-and-gregory-white-smith/
http://www.kaskus.co.id/thread/51bd34ab8127cf806b000004/menganalisa-lukisan-van-gogh-quotstarry-nightquot?goto=newpost
1. Ajeng Kurnia S ( 04 ) IPS 2
2. Meidina Ayu P ( 21 ) IPS 3
3. Windi Karunia ( 33 ) IPS 3

ARSITEKTUR BERGAYA JENGKI

Arsitektur jengki adalah salah satu istilah dalam fragmen sejarah arsitektur nusantara pasca kepulanagn para arsitek belanda sekitar tahun 1950 – 1960. Arsitektur jengki tumbuh dari kreatifitas para pemuda indonesia yang pada umumnya lulusan STM dan pernah magang pada konsultan arsitektur di zaman kolonial dan beberapa mahasiswa indonesia yang belajar di luar negeri

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Dalam gambar diatas mungkin terlihat ciri arsitek dari apotek sputnik yaitu penggunaan atap pelana dan pemanfaatan beton pada berbagai elemen struktur bangunan. Kehadiran dinding yang berkesan miring dan membentuk geometri segi lima terhadap tampilan bangunan hampir selalu tampil dengan tekstur kasar dan variatif dengan komposisi tidak simetris. Demikian juga banyak ditemui permainan letak jendela dengan ketinggian yang tidak sejajar. Pola permukaan dinding biasanya penuh dengan permainan komposisi bentuk yang ekspresif.
Kehadiran teras disini terasa sebagai sebuah komposisi yang ditempatkan pada bagian tertentu sebagai penyeimbang kesan keseluruhan. bentuk beranda sebagai unsur mandiri.Beranda ini yang menandai pintu masuk ke dalam bangunan yang dihadirkan sebagai sebuah portico, yaitu bangunan beratap di depan pintu masuk. Pada umumnya atap datar menjadi pilihan utama bagi beranda. Atap datar inilah yang memberikan artikulasi untuk membedakannya dengan bangunan utama yang beratap pelana. Beberapa fungsi yang diwadahi di dalam beranda ini adalah sebagai penegas pintu masuk ke dalam bangunan, sebagai tempat penerima, dan sebagai ruang peneduh dan penyejuk bagi ruangan di dalamnya. Banyak ditemui permainan bentuk kusen jendela yang asimetris serta permainan letak jendela dengan ketinggian yang tidak sejajar. Kadang terdapat pelipit datar di atas maupun
sekeliling kusen sebagai pelindung dari panas dan hujan.

Sumber : http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/raziq_hasan/2007/06/11/arsitektur-jengki/

KELOMPOK :
1. ANGELICA MENTARI .P. ( XI IPS 3 / 07 )
2. SONYA AYU .A. ( XI IPS 2 / 30 )
3. PRAGHISTA AHMAD .B. ( XI IPS 2 / 27 )

Iklan

One comment on “SENI DAN DESAIN (XI IPS 2 DAN 3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s