Kerajaan baru Firaun Ramses II (Ramses Agung) memiliki banyak proyek bangunan yang monumental. Untuk bagian selatan Thebes modal, di Nubia, ia membangun Candi Agung di Abu Simbel. Candi ini di bangun di sebelah sungai Nil dan didedikasikan untuk tiga dewa besar, yaitu Kerajaan Baru Ptah, Amun, dan Re-Horakhty. Bangunan yang selesai sekitar tahun 1244 SM itu merupakan penghargaan untuk kekuasaan dan kekuatan militer Mesir dan Firaun sendiri.

Empat patung besar Ramses II yang memiliki tinggi lebih dari 20 meter tersebut dipercaya merupakan penjaga pintu masuk Candi Agung di Abu Simbel.

Candi Abu Simbel sejajar dengan datangnya sinar matahari sehingga sinar matahari menembus tempat kudus (tempat perlindungan) dalam dua kali pertahun. Sinar matahari juga menerangi figur dari Ptah, Amun, dan Re-Horakhty.


Ramses II membangun sebuah kuil kecil di dekat kuil besar Ramses II untuk menghormati mendiang istrinya, Ratu Nefertari dan Dewi Hathor. Bagian depan kuil didominasi oleh patung-patung Ramses II dan istrinya

Ramses II memulai banyak kampanye untuk memperkuat kekuasaan Mesir. Seni di dinding Abu Simbel dan candi-candi lain merupakan propaganda untuk mengeksploitasi warga Mesir. Ilustrasi di atas merupakan gambaran kemenangannya atas orang Hittites pada pertempuran Kadhesh

Editor : Alyssa Dewiputri, Ermayani Sholikah, Fetri Nurcahyati, Galuh Sasanti, Mutiara Monica, XI IPA 1