Seni rupa Mesir

Perkembangan seni rupa murni mancanegara di luar Asia berawal dari seni rupa Timur purba hingga sejarah seni rupa Eropa modern. Seni rupa Timur purba dapat dilihat melalui perkembangan seni rupa di Mesir. Kurun waktu perkembangannya dapat diuraikan secara kronologis, yaitu dimulai dari sejarah seni rupa Mesir, seni rupa Eropa Klasik, seni rupa Renaissance, seni rupa Barok dan Rokoko, hingga seni rupa zaman modern.

Mesir merupakan bangsa yang mempunyai peninggalan kebudayaan tertua di dunia (sejak 3400 SM). Bentuk karya-karya seni rupa bangsa Mesir berupa seni bangunan, seni patung, relief, seni lukis, dan seni kriya. Seni bangunan Mesir terdiri atas bangunan piramida, mastaba, dan candi. Peninggalan lainnya berupa benda-benda kriya, seperti tembikar, perhiasan, hieroglif dan mahkota.

HIEROGLIEF MESIR

http://niganku.wordpress.com/2011/05/14/sejarah-dan-asal-usul-huruf-hieroglif-mesir/

Hieroglief Mesir dari bahasa Yunani “Ukiran Suci”, adalah system tulisan formal yang digunakan masyarakat Mesir Kuno yang terdiri dari kombinasi komponen elemen logograf dan alphabet. Hieroglief Mesir merupakan salah satu sistem penulisan paling tua yang dikenal manusia. Beberapa dari tulisan tersebut berasal dari tahun 3.000 sebelum Masehi dan telah digunakan oleh Bangsa Mesir selama lebih dari 3.000 tahun. Masyarakat Mesir menggunakan Hieroglief Kursif untuk sastra keagamaan pada papyrus dan kayu. Adapula variasi formal tulisan yang lebih kecil, yang disebut hieratikdan demotic, namun secara teknis tulisan tersebut bukan merupakan hieroglief.

Berdasarkan kamus, arti dari Hieroglief adalah tulisan dan abjad Mesir Kuno, yang terdiri atas 700 gambar dan lambang dalam bentuk manusia, hewan, atau benda; dan lambang tulisan (menyerupai gambar paku) yang bersifat rahasia atau teka-teki yang sukar dibaca atau dipahami maknanya. Disebut hieroglief karena ketika orang Yunani pertama kali melihat tulisan itu, mereka yakin bahwa tulisan tersebut ditulis oleh pendeta yang memiliki makna dan tujuan yang suci. Kata “Hieroglief” berasal dari kata sifat bahasa Yunani yaitu “hieroglyphikos”, dimana glypho berarti “ukiran”,”pahatan”, atau glyphs (aksara). Kata hieroglyph dalam bahasa Inggris dijadikan kata benda, menggantikan arti kata hieroglif yang sebenarnya. Yang seharusnya seperti dalam kalimat sebelumnya, kata hieroglyphic merupakan sebuah kata sifat, namun sering terjadi kekliruan dalam penggunaan kata hieroglyph sebagai sebuah kata benda.

 

 

 

Oleh               :

  1. Anggi Novitasari           XI IPA 1 (5)
  2. Isabella R.M.D                XI IPA 1 (15)
  3. Lely Rohmania              XI IPA 1 (18)
  4. Arda Nadia K                 XI IPA 2 (5)
  5. Anisa Fitri                       XI IPA 2 (4)
Iklan

15 comments on “Seni rupa Mesir

    • Di era sekarang tulisan tersebut sudah tidak dipakai lagi. Tulisan hieroglif mulai ada sejak tahun 3200 SM penggunaan hieroglif kemudian berhenti setelah penutupan seluruh gereja non-Kristen pada tahun 391 Masehi oleh Kaisar Romawi, Theodosius I; yang tertulis dalam prasasti terakhir dari Philae, diketahui sebagai The Graffito of Esmet-Akhom, tahun 396 Masehi.

      Suka

    • saya akan menjelaskan definisi dari huruf logograf atau nama lainnya idiograf, yaitu huruf yang melambangkan bunyi satu kata, seperti huruf cina. huruf tersebut digunakan orang-orang Cina dan Jepang pada tahun 2000 SM. terima kasih

      Suka

  1. Postingan yang kalian buat sudah bagus, singkat, namun materi yang anda masukkan belum meliputi ringkasan tentang seni rupa Mesir. Sehingga masih banyak bagian-bagian yang belum anda jelaskan, terimakasih sudah menjelaskan tentang Hieroglif Mesir. Namun ada hal yang belum saya ketahui dari penjelasan tersebut. Di atas anda menjelaskan bahwa : “Seni bangunan Mesir terdiri atas bangunan piramida, mastaba, dan candi. Peninggalan yang lainnya berupa benda-benda kriya, seperti tembikar, perhiasan, hieroglif, dan mahkota.” Nah pertanyaan saya adalah apa maksud dari mastaba dan tembikar tersebut? tolong dijelaskan. Terimakasih

    Suka

  2. saya akan menjawab dari pertanyaan marita. Yang dimaksud dengan mastabah adalah bangunan yang beratap datar, berbentuk balok dengan sisi-sisi yang miring. Bangunan ini terbuat dari batuan tanah liat. Mastaba merupakan tipe kuburan standar pada masa awal Mesir. Sedangkan tembikar adalah alat keramik yang dibuat oleh pengrajin. Tembikar dibuat dengan membentuk tanah liat menjadi suatu obyek yang biasanya dibuat dengan tangan. terima kasih, semoga bermanfaat

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s