Muhajir dengan Karya “PANEN”dalam Pameran lukisan 2013

Tepat di tanggal 24 agustus 2013 digelar pameran lukisan “Guyub Rukun Agawe Santoso” yang bertempat pada Gedung Korpri Pemkab Madiun dan diikuti oleh 40 seniman dengan kurang lebih 150 lukisan. Di hari ke 6 pemeran lukisan,  saya datang untuk menyaksikan pameran ini . Di pameran lukisan tersebut  tentu saja ada beberapa lukisan yang telah menarik hati saya, salah satunya karya  Muhajir yang berjudul Panen. Berikut identitas  lukisan tersebut :

Judul                      : panen

Ukuran                 : 150 x 100

Media                   : kanvas dan cat air

Tahun                    : 2012

2013-08-24 16.16.20

Menurut saya pada lukisan yang di bandrol dengan harga RP.5000.000,-  ini  menganut aliran realisme  karena objek utamanya terletak pada aktivitas para petani saat musim panen secara nyata atau sejujur jujurnya dan bukan penonjolan karakter keindahan alamnya saja. Jika anda amati, dengan jelas kita dapat mengikuti irama gerak dinamis dari hamparan padi yang tertiup angin yang menandakan ritme pada lukisan ini teratur atau tidak acak-acakan. Antara background dan objek lukis berupa gambar petani menimbulkan sebuah kesatuan yang estetik dan harmoni

Tetapi yang saya pertanyakan mengapa tidak ada aksentuasi lain seperti orang orangan sawah atau burung burung  menyerbu padi yang menguning itu agar terbentuk sebuah kesatuan yang dramatis dan benar benar nyata sesuai suasana pada musim panen biasanya. Tapi untuk semuanya tetap terlihat begitu apik.

Begitulah apresiasi saya mengenai lukisankarya Muhajir ini, jika ada yang berpendapat lain atau ingin menambahkan ,silahkan saja pada kolom komentar. Saya tunggu responya ,terimakasih.

 

Nia Anindita Z

Iklan

2 comments on “Muhajir dengan Karya “PANEN”dalam Pameran lukisan 2013

  1. saya setuju dengan nia , karena realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa unruk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.
    septiviani aulia nisa XII IPS 3

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s