Kebudayaan Persia

Peradaban Persia adalah bentuk kebudayaan besar dunia yang Nampak sejak 3000 tahun yang lalu. Peradaban ini tumbuh di sekitar Iran. Pada Tahun 549 SM, Cyurus raja Persia menaklukan wilayah medas dan membangun kekaisaran yang luas. Hanya dalam waktu 30 tahun. Persia telah menjadi bangsa yang terkuat di dunia pada masa itu.

Bangsa Persia di kenal sebagai bangsa yang terampil dan masyarakatnya terorganisasi sangat rapi. Di bawah Kepemimpinan Darius 1 ( Darius Agung), Wilayah Persia di bagi atas provinsi-provinsi. Darius juga membangun jaringan pos dan mata uang tunggal sebagai pemersatu Persia. Raja-Raja Persia umumnya memiliki istana di berbagai tempat dan gaya bangunannya tidak jauh berbeda dengan banguan bangsa Asina.

Semasa pemerintahan raja Darius, Bnayak tiang di bangun di dalam ruangan sebagai penahan atau penyangga balok istana. Pada bangga tangga induk istana terdapat tulisan paku yang berbunyi : “ Persia, Negara yang kudapat dari kurnia Dewa Ahura Mazda tidak gentar menghadapib setiap musuh”.

Relief- relief peninggalan kerajaan Persia menggambarkan upacara-upacara dan kehidupan pesta pora istana.

Selain itu, banyak ditampilkan binatang yang melambangkan kegagahan , seperti singa, kuda, atau harimau. Hal tersebut menunjukan bahwa kemenangan terhadap kehidupan lainnya. Kemudian pada tahun 33 SM Persia ditaklukan oleh Alexander Agung.

sumber : http://www.livius.org/a/iran/persepolis/darius/persepolis_palace_darius_general11.JPG

Darius Agung membangun istana paling Agung di Persepolis di sisi Barat. Istana ii disebut APADANA. Raja segala Raja menggunakannya sebagai Bala Irung Audiensi Resmi. Pembangaunan dilakukan tahun 515 SM. Putranya, Xenes I menyempurnakan 30 tahun kemudian. Istana ini memiliki balai agung berbentuk bujur sangkar, tiap sisinya berukuran panjang 60 M dengan 72 tiang besar,. 30 diantaranya masih tegak berdiri. Setiap pilang besar ini setinngi 19 Meter. Pilar ini menopong atap yang luas dan sangat berat. Puncak tiang dihiasi patung batu hewan.

Seperti banteng berkepal 2, singa, atau rajawali. Tiang ini terhubung oleh batang penopong datar dari kayu ek atau kayu sedar lebanan.

Dindingnya dilapisi lumpur dan stuko setebal 5 cm , sebagai perekat, kemudian dilapisi stuko hijau. Disisi barat, utara, dan timur istana terdapat beranda persegi yang memiliki 12 tiang tersusun dalam 2 baris yang masing masing 6 tiang.

Disisi selatan Belairung terdapat serangkaian kamar sebagai tempat penyimpanan. Dua tangga bergaya Persepolis dibangaun secara simetris terhubung dengan fondasi batu. Untuk melindungi atap dari erosi, talang air vertical dibangun melewati tembok bata. Di keempat sudut Apodana, dibangunlah 4 menara yang menjorok keluar. Dinding dilapisi tegel dan dihiasi gambar singa, banteng, dan bunga. Darius memerintahkan namanya dan detail kemaharajaannya ditulis dengan lempeng emas dan perak, yang ditempatkan dalam peti batu dan ditanam di sudut istana.

Tangga semetris bergaya Persepolis dibangun disisi utara dan timur untuk mengatasi perbedaan ketingian. Dua tangga lainnya berdiri di tengah bangunan. Tampilan luar istana diembos dengan gambar immortal . Pasukan elit pengawal raja. Tangga utara di selesaikan pada masa pemerintahan Darius, Sedangkan tangga lainnya di rampungkan pada masa kemudian.

 

Oleh :

Allpacino Desella (03)

Gustinna Putri (18)

Pendi Satria (25)

Rika Estri R ( 29)

Rizal Bintoro (30)

Iklan

26 comments on “Kebudayaan Persia

  1. Sangat bagus artikel kalian.
    Tetapi ada yang perlu saya tanyakan, apa bukti yang menunjukkan bahwa Persia telah menjadi bangsa yang terkuat di dunia pada masa itu? Terimakasih.
    Nama : Himawan Widia Canta
    Kelas : XI IA 2

    Suka

  2. Diatas dikatakan bahwa terdapat tangga semetris bergaya Persepolis dibangun disisi utara dan timur untuk mengatasi perbedaan ketinggian. Bisa tolong jelaskan bagaimana ciri khas bangunan bergaya Persepolis itu ?

    Lely Rohmania (XI IA 1/ 18)

    Suka

  3. Menurut Anda bagaimana cara Cyurus raja Persia menaklukan wilayah medas dan membangun kekaisaran yang luas hanya dalam waktu 30 tahun ? Tolong jelaskan. Terimakasih.
    nama : Ambarwati
    kelas : XI IPA 2 / 03

    Suka

  4. Bagus penjelasan Anda mengenai kebudayaan Persia, namun saya ingin bertanya, diatas dikatakan bahwa Peradaban Persia adalah bentuk kebudayaan besar dunia …
    apa yang membuat anda berpendapat atau berkata demikian ? jelaskan. Terimakasih
    Nama : Rosita Meydasari L
    Kelas : XI IPA 2 / 29

    Suka

  5. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dikatakan dalam artikel diatas Raja Darius Agung membangun istana paling Agung di Persepolis yang disebut APADANA. Saya ingin bertanya mengenai, siapakah yang merancang Istana APADANA tersebut dan gaya bangunan apa yang digunakan dalam rancangan bangunan istana tersebut? Terimakasih.
    Nama : Iwan Setiawan
    Kelas/No : XI IPA 1/16

    Suka

  6. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Artikel di atas menerangkan bahwa ” Tampilan luar istana diembos dengan gambar immortal “,saya mau bertanya apa yang di maksud dengan gambar immortal ? mohon penjelasannya.Trimakasih
    Nama : Yunus Agrinda P.
    No : 35
    kelas : XI IS 1

    Suka

  7. artikel yang kalian buat sudah bagus, namun saya ingin bertanya apa kegunaan istana apadana pada masa pemerintahan darius agung ? tolong dijelaskan, terima kasih.

    Suka

  8. saya mau tanya ni.
    diatas dikatakan bahwa disisi selatan Belairung terdapat serangkaian kamar sebagai tempat penyimpanan. tempat penyimpanan apa sajakah itu?

    nama : ida novia
    nomer : 17
    kelas : 11 IPA 2

    Suka

  9. artikel yang kalian buat cukup menarik. Namun, saya ingin bertanya mengenai arsitektur Apadana. Dalam penjelasan mengenai arsitektur bangunan apadana disebutkan bahwa puncak tiang apadana dihiasi batu berbentuk hewan seperti banteng berkepala 2, singa, atau rajawali. apa maksud dari keberadaan hiasan kepala hewan dari batu tersebut? Apakah hanya sebagai hiasan semata ataukah karena adanya maksud tertentu? Terimakasih

    Ahmad Shidqi Mu’afa XI IPA 1/03

    Suka

    • Hey I am so happy I found your blog page, I really found you by mistake, while I was searching on Yahoo for something else, Anyways I am here now and would just like to say thank you for a incredible post and a all round enjoyable blog (I also love the themg/desien), I don’t have time to look over it all at the moment but I have bookmarked it and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be back to read more, Please do keep up the superb work.

      Suka

  10. Artikel kalian bagus dan baik. saya mau tanya “dua tangga bergaya Persepolis dibangaun secara simetris terhubung dengan fondasi batu” bagaimanakah cara menghubungkan tangga dan pondasi batu???
    Nama : Ahmad Prasetyo
    Kelas / No : XI IPA 5 / 02

    Suka

  11. Artikel dari yang kalian buat cukup lengkap . Tetapi saya ingin bertanya apa saja hal” yang melatar belakangi bangsa persia sebagai bangsa yang kuat ? Terimakasih .
    Destha putri h /11ia2 -11

    Suka

  12. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dikatakan dalam artikel diatas Raja Darius Agung membangun istana paling Agung di Persepolis yang disebut APADANA. Saya ingin bertanya mengenai, siapakah yang merancang Istana APADANA tersebut dan gaya bangunan apa yang digunakan dalam rancangan bangunan istana tersebut? Terimakasih.
    Nama : Iwan Setiawan
    Kelas/No : XI IPA 1/16

    Suka

  13. artikelnya cukup menarik tetapi saya mau bertanya kepada anda untuk apa bangunan ini di dirikan?

    zulfikhar adi XI IA 5 / 34

    Suka

  14. Istana yang dibangun oleh Darius Agung di Persepolis disisi Barat yang bernama APADANA itu berguna untuk apa saja pada saat kebudayaan persia ?
    Dan apa alasan raja – raja yang lain menyempurnakan bangunan tersebut ? Jelaskan!
    Nama: Dyan Kharisma N
    Kelas : XI IPA 5
    No. : 12

    Suka

  15. dikatakan dalam artikel diatas dikeempat APODANA dibangunlah 4 menara yang menjorok keluar.yang saya ingin tanyakan ialah apa maksud dibangunnya 4 menara yang menjorok keluar?tolong beri penjelasannya.terima kasih
    Nama :Rustam Aji Nugroho
    Kelas :XI IPA 5
    No :31

    Suka

  16. apa yang menjadi pembeda kebudayaan persia dengan kebudayaan lain?
    tolong beri penjelasan terimkasih 🙂

    nama:isnaini dwi n
    kelas: XI IPA5
    no: 21

    Suka

  17. Dikatakan diatas puncak tiang dihiasi patung batu hewan seperti banteng berkepala 2, singa, atau rajawali. Melambangkan apakah hewan” diatas sehingga dijadikan sebagai puncak” tiang

    Nama : Alvian Angga Priambodo
    Kelas : XI IPA 5
    No : 04

    Suka

    • lg: i did lug a kilo of sun dried tomatoes back frm pisa. how should i keep them? in EVOO n basil, oregano? why do my pesto sauce spoil in the fridge after a week? is it bc the jar isn't sterile enough? the leaves ar#;&e39nt dry enough? i put plenty of oil n enough salt.

      Suka

  18. Pinay Mom – you have a lot na so it’s harder to date them ;D ubus pera mo! hiN;xi&#8230iEhperiencehegros – someday you will… asus!Ace – thanks for the visitCandy – thank you… we miss you too! see you next year my friend.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s