SENI RUPA BABYLONIA

  • Ø SEJARAH BABILONIA

Kekaisaran Babilonia baru atau kekaisaran khaldea adalah periode dalam sejarah Mesopotamia yang di mulai pada tahun 626 SM dan berakhir pada tahun 539 SM. Selama 3 abad sebelumnya. Babilonia adalah wilayah budaya kuno di Mesopotamia pusat-selatan (Irak sekarang) terletak diantara Sungai Efrat dan Tigris, dengan Babel sebagai ibukotanya.Periode kekuasaan Babilonia dicirikan dengan perkembangan pesat dalam arsitektur, seni, dan ilmu pengetahuan.

  • Ø KESENIAN DAN BANGUNAN

Peradaban Babilonia memang sangat terkenal dengan seni dan arsitekturnya. Hal itu dikarenakan Babilonia banyak menghasilkan tanah liat maka kebanyakan bangunan yang didirikan disana banyak menggunakan tanah liat.

  • Ø SALAH SATU HASIL SENI RUPA BABILONIA

ZIGGURAT

sumber : http://www.egyptorigins.org/

Ziggurat adalah monumen besar yang di bangun di lembah Mesopotamia kuno dan dataran tinggi Iran bagian barat. Bentuknya piramida berundak yang tersusun atas kisah atau tingkatan yang mundur. Bentuknya menyerupai piramida. Terdapat 32 ziggurat di dan dekat Mesopotamia yang diketahui, 28 terletak di Irak, dan 4 ada di Iran. Ziggurat merupakan tempat pemujaan para dewa, tetapi juga merupakan tempat perdagangan atau ekonomi, karena seluruh hasil panen yang dihasilkan orang Mesir dikumpulkan dalam kuil, dan ketika tiba musim pancaroba, maka kuil tersebut akan di buka. Hasil panen yang telah dikumpulkan akan dibagikan kepada para penduduk, dan ini merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kehidupan

Oleh :

1)    Indah Ayu P.                        (19/XI IPA 5)

2)    Ineke Kusumawati             (20/XI IPA5)

3)    Chania Hasna A.                 (07/XI IPS 1)

4)    Yolanda Sukma M.             (34/XI IPS 1)

Iklan

13 comments on “SENI RUPA BABYLONIA

  1. good job buat kelompok yang satu ini.
    tapi masih ada yang perlu saya tanyakan, apakah ke 32 ziggurat tersebut memiliki perbedaan bentuk bangunan atau tidak terdapat perbedaan sama sekali?

    Suka

  2. artikel kalian memang bagus dan lengkap.
    tapi saya mau tanya, “Ziggurat merupakan tempat pemujaan para dewa” siapakah dewa yang di puja??
    Nama : Ahmad Prasetyo
    kelas/No: XI IPA 5 / 02

    Suka

  3. Artikelnya cukup menarik singkat dan padat. tapi saya mau tanya kenapa tempat (ziggurat) merupakan tempat pemujaan para dewa, tetapi kok juga merupakan tempat perdagangan atau ekonomi, apakah tempat pemujaan dewa itu harus suci ?mohon penjelasannya !
    nama : Allpacino Desella A.P.
    XI ipa 5 no: 3

    Suka

  4. dari penjelasan diatas dituliskan “Peradaban Babilonia memang sangat terkenal dengan seni dan arsitekturnya”. bisakah anda menyebutkan contoh seni tersebut selain zigurrat?
    terima kasih 🙂

    Suka

  5. Bagaimanakah maksud dari bentuk piramida berundak yang tersusun atas kisah atau tingkatan yang mundur ?
    RIZAL BINTORO
    XI IPA 5 / 30

    Suka

  6. Fridia Arintya: Mungkin bangunan ini sudah dimusiumkan, karena daerah zigurat tersebut jauh dari pemukiman warga, dan mungkin rakyat tidak menggunakan bangunan lama tersebut karena sudah banyak didirikan fasilitas modern 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s