Ziggurat (Babylonia Kuno)

Peradaban Babylonia adalah salah satu peradaban yang besar yang ada di dunia pada saat itu dan sangat memberikan pengaruh besar untuk kehidupan manusia pada saat ini. Peradaban babylonia ini dibangun berdasarkan dua periode yaitu Babylonia kuno yang dipimpin oleh Hammurabi dan Babylonia baru oleh Nebukadnezar, hanya saha keduanya pada akhirnya mengalami keruntuhan.Peradaban Babylonia ini sangat terkenal akan bangunannya yang indah dan mewah, sehingga arsitektur bangunannya bisa dikatakan arsitektur yang sangat hebat.Peradaban Babylonia ini menghasilkan berbagai macam kebudayaan mulai dari peralatan, agama, ilmu pengetahuan, sistem kemasyarakatan, bahasa, sistem perekonomian, dan juga kesenian. Kebudayaan yang dihasilkan peradaban Babylon ini masih banyak yan digunakan dalam kehidupan masa kini, jadi bisa dikatakan bahwa peradaban Babylonia memberikan pengaruh besar baik untuk kehidupan masa lalu maupun untuk masa kini.

sumber http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/93/Ancient_ziggurat_at_Ali_Air_Base_Iraq_2005.jpg

Etemenaki adalah nama untuk Ziggurat yang dinamakan untuk memuja Dewa Marduk di Babylonia. Etemenaki artinya dasar dari sungai dan dunia.
Ziggurat dapat dengan mudah menjadi bangunan yang paling menarik di kota dan untuk memantau pendatang yang berkunjung ke kota. Oleh karena itu, Ziggurat tidak hanya menjadi sebuah pusat keagamaan, tetapi juga sebuah bangunan yang membanggakan bagi rakyat. Tidak semua pendatang dapat memasuki Ziggurat, namun mereka hanya dapat melihat.

sumber http://www.bible-history.com/past/art/ur_ziggurat.gif

Struktur utama Ziggurat adalah tangga dari tanah liat dan lapisan luar dari batu. Ziggurat dibangun dalam ukuran yang besar saat zaman Hammurabi dengan tangga sekitar 150 kaki (51 m). Babylonia membangun ziggurat karena mereka ingin sedekat mungkin dengan surga. Dengan hal tersebut mereka dapat berkomunikasi dan memuja Tuhan lebih dekat. Di puncak Ziggurat merupakan tempat yang suci. Pendeta melakukan upacara kurban dan ritual lain di puncak ziggurat. Puncak Ziggurat dapat dicapai dengan tangga. Disekitar ziggurat mungkin adsa bangunan-bangunan lain untuk menyembah dewa-dewa, tetapi bangsa Babylonia hanya memiliki Ziggurat untuk dewa yang utama di Babylonia. Marduk bangsa Babylonia menganggap kebesaran dan kemegahan dari ziggurat dapat memperlihatkan kotanya dan kesetiaan raja pada Tuhan.
Sisa-sisa ziggurat Babylonia itu kini masih bisa dijumpai dan menjadi pemandangan yang indah di Irak. Oleh karena itu, orang Eropa datang ke sana (Babylonia kuno) seperti yang diceritakan dalam kitab suci mengenai berdirinya Menara Babel.

Oleh :
1. Ambarwati
2. Dancita
3. Destha Putri H
4. Ida Novia
5. Marita Mulyaningrum

Iklan

53 comments on “Ziggurat (Babylonia Kuno)

  1. Tadi diatas dikatakan “Ziggurat tidak hanya menjadi sebuah pusat keagamaan, tetapi juga sebuah bangunan yang membanggakan bagi rakyat.” Tapi kenapa tidak semua pendatang dapat memasuki Ziggurat, namun mereka hanya dapat melihat saja?

    Isabella Ratna XI IPA 1

    Suka

    • terimakasih atas pertanyaan yang telah anda berikan, saya akan mencoba menjawabnya . Ziggurat dibangun bukan sebagai kuil untuk menghormati para dewa, melainkan sebagai rumah para dewa tersebut, Dengan demikian, Ziggurat menjadi semacam istana bagi para Dewa terutama dalam masyarakat Sumeria dan Babilonia. sehingga tidak heran jika para sebagian besar pendatang tidak diperbolehkan memasuki ziggurat. terimakasih semoga bermanfaat

      Suka

    • Terimakasih atas pertanyaannya, Saya akan menjawab pertanyaan dari Ario Seto Wicaksono, Menara Babel menurut sejarah di Alkitab, kota Babel telah lama ada sebelum zaman kerajaan Babylonia. jadi bisa dipastikan Menara Babel tidak ada hubungannya dengan Ziggurat . Terimakasih
      Marita Mulyaningrum – XI IPA 2

      Suka

    • Kebudayaan masyarakat Babylonia ini memang sudah berkembang maju sejak puluhan abad yang lalu. Mereka mampu menciptakan kebudayaan yang memiliki nilai historis yang sangat tinggi yang menjadi karakteristik peradaban itu sendiri.

      Suka

  2. Tadi diatas dikatakan, “jadi bisa dikatakan bahwa peradaban Babylonia memberikan pengaruh besar baik untuk kehidupan masa lalu maupun untuk masa kini.”
    Apakah pengaruh peradaban babylonia terhadap kehidupan masa kini?

    Endah SP (XI IPA 1 / 12)

    Suka

    • @Endah SP (XI IPA 1 / 12)
      sisa” ziggurat babylonia kini masih bisa dilihat menjadi pemandangan indah di Irak. oleh karena itu, banyak orang Eropa datang kesana. sehingga, Irak menjadi tempat wisata berkat adanya ziggurat…
      dancita/XI IA 1/09

      Suka

    • terimakasih atas pertanyaan yang telah anda berikan 🙂 saya akan mencoba menjawabnya, Peradaban Babylonia ini menghasilkan berbagai macam kebudayaan mulai dari peralatan, agama, ilmu pengetahuan, sistem kemasyarakatan, bahasa, sistem perekonomian, dan juga kesenian. sehingga semuanya masih digunakan sampai saat ini. terimakasih

      Suka

  3. Pada gambar ziggurat di atas, terdapat tingkatan-tingkatan. Adakah makna dari tingkatan-tingkatan tersebut?
    Lidwina Heiditiana / XI IA 1 / 19

    Suka

    • terimakasih atas pertanyaan yang telah anda berikan, saya akan mencoba menjawabnya, pada gambar ziggurat diatas, terdapat tingkatan-tingkatan, adakah mana dari tingkatan-tingkatan tersebut? yang pasti tingkatan tingkatan tersebut memiliki makna , yaitu memiliki tujuh tingkat atau lapisan untuk mewakili 7 planet dari langit atau 7 tingkatan surga. terimakasih semoga bermanfaat 🙂
      Marita Mulyaningrum XI IPA 2

      Suka

    • dasar didirikannya ziggurat karena mereka ingin lebih mendekatkan diri dengan dewa. Mereka beranggapan apabila mereka berada ditempat yang lebih tinggi, mereka akan lebih dekat dengan dewa. Maka masyarakat disekitarnya membangaun ziggurat sebagai tempat suci untuk memuja dewa.
      Tonny Wahyu C. XI IPA 1 (30)

      Suka

  4. Pada penjelasan di atas bahwa “Babylonia memberikan pengaruh besar baik untuk kehidupan masa lalu maupun untuk masa kini”.
    Jelaskan pengaruh pada masa kini??

    Anisa fitri XI ipa 2 (04)

    Suka

    • terimakasih atas pertanyaan yang sudah diberikan, saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda, kenapa pendatang tidak bisa masuk ke ziggurat? sebab Ziggurat dibangun bukan sebagai kuil untuk menghormati para Dewa melainkan sebagai rumah untuk para Dewa itu sendiri. Dengan demikian, Ziggurat menjadi semacam istana bagi para Dewa terutama dalam masyarakat Sumeria dan Babilonia. Dengan ini, tidak mengherankan bahwa hanya para pendeta yang diizinkan untuk masuk ke dalam Ziggurat.

      Suka

    • terimakasih atas pertanyaan yang telah anda berikan, saya akan mencoba menjawabnya, mengapa bangunan ziggurat dibangun dengan struktur utama berupa tangga dari tanah liat dan bagian luar dari batu? sebab di Babylonia terjadi Kelimpahan tanah liat dan kurangnya bebatuan, sehingga bagian tangga di bangunan ini terbuat dari tanah liat, sedangkan bangunan yang berstruktur batu hanya ada pada bagian luar karena babylonia pada saat itu kekurangan batu-batuan, mungkin itu yang saya ketahui, semoga bermanfaat..

      Suka

    • Wow, hostels for YEARS? I could do it for a few months but at some point, I need my solitude. It does pain me to cough up the dough, though. I always like to spend the least on actocmodamions because I reason I’ll barely be there.

      Suka

  5. Jelas terlihat pada gambar, bahwa ziggurat adalah sebuah bangunan. Tolong jekaskan apa yg ada didalam bangunan tersebut dan apa fungsi dari ziggurat
    ingrid kezia regina
    XI ips 2 no 21

    Suka

  6. Terimakasih atas pertanyaan yang telah anda berikan, saya akan mencoba menjawabnya. Sebelumnya saya akan menjelaskan arti dari Ziggurat tersebut, Ziggurat merupakan monumen besar yang dibangun oleh bangsa Mesopotamia Kuno dan berbentuk piramida berundak. Ziggurat biasanya berbentuk persegi panjang atau persegi. Ziggurats memiliki fitur unik yaitu memiliki tingkatan-tingkatan, jalur landai dan teras dan sisi-sisinya biasanya lebih rendah, selain itu tidak ada ruang didalam infrastruktur tersebut.Adapun fungsi dari Ziggurat adalah sebagai area mengungsi sekaligus sebagai tempat perlindungan para pendeta, dan juga berfungsi sebagai penyimpanan. Terimakasih semoga bermanfaat 🙂

    Suka

    • Ziggurat didirikan oleh masyarakat Babylonia bukan untuk dijadikan benteng, tetapi dijadikan untuk pusat keagamaan, seperti yang telah dijelaskan pada postingan diatas.

      Moh. Asadullah H.A / XI IPA 1 (20)

      Suka

  7. artikel yang kalian buat sudah bagus dan baik. saya akan bertanya seputar zigurat dan babylonia, menurut anda, apa kegunaan zigurat pada zaman babylonia? dan bagaimana kehidupan pada zaman adanya zigurat tersebut ? . terima kasih.
    nama : chania hasna afifah
    kelas : XI IPS 1 / no : 07

    Suka

    • Banyak ahli yang membuat kesimpulan bahwa menara Babel merupakan salah satu zigurat yang didirikan oleh bangsa Babylonia kuno. Tapi Babel bukan Babylonia, dan Menara Babel bukan merupakan zigurat. Bahkan mungkin Menara Babel bukan merupakan sebuah menara. Menurut time line sejarah di Alkitab, kota Babel telah lama ada sebelum zaman kerajaan Babylonia. Jadi bisa dipastikan Menara Babel tidak ada hubungan dengan Taman Gantung atau zigurat-zigurat yang didirikan untuk memuja Dewa Marduk. Dalam Alkitab juga tidak disebutkan bahwa Menara Babel dihancurkan. Melainkan penduduk Babel meninggalkan kota itu dan kemudian terpencar ke seluruh dunia. Sampai saat ini Menara Babel merupakan misteri yang belum berhasil diungkap oleh para ahli sejarah. Namun ada berbagai macam legenda rakyat dari peradaban kuno yang menceritakan menara Babel ini.
      semoga bermanfaat 😉
      Dayu Raras XI IPA 2 / 10

      Suka

    • sebab utama runtuhnya peradaban adalah meninggalnya Hummarabi pada tahun 1912 SM dan semenjak saat itu sejarah Babylonia menunjukkan penurunan, sudah ada enam orang yang menggantikan Hammurabi namun tetap saja tidak bisa menahan penurunan kondisi kerajaan pada saat itu.
      Pada abad ke-18 datanglah jenis bangsa lain yang menyerbu Mesopotamia yaitu bangsa Indo-Jerman atau Indo-Eropa yaitu bangsa Hittit yang berdiam di Asia Minor yang beribukota di Boghazkeui di dekat kota Ankara sekarang. Bangsa Hittit inilah yang kemudia datang menyerbu dan menghancurkan Babylon. Setelah bangsa Hittit pergi, Babylon masih bisa dibangun sampai datangnya suku Khassit yang sama sama berasal dari bangsa Indo-Jerman yang datang dari pegunungan Persia Barat, dan berakhirlah kerajaan Babylonia Lama atau Kuno yang didirikan oleh Hammurabi.
      terima kasih semoga bermanfaat 😉
      Dayu Raras XI IPA 2 / 10

      Suka

  8. penyebab utama runtuhnya peradaban Babylonia kuno ini adalah meninggalnya Hammurabi pada tahun 1912 SM dan semenjak saat itu sejarah Babylonia menunjukkan penurunan, sudah ada enam orang yang menggantikan Hammurabi tetap tetap saja tidak bisa menahan penurunan kondisi kerajaan pada saat itu.
    Pada abad ke-18 datanglah jenis bangsa lain yang menyerbu Mesopotamia yaitu bangsa Indo-Jerman atau Indo-Eropa yaitu bangsa Hittit yang berdiam di Asia Minor yang beribukota di Boghazkeui di dekat kota Ankara sekarang. Bangsa Hittit inilah yang kemudia datang menyerbu dan menghancurkan Babylon. Setelah bangsa Hittit pergi, Babylon masih bisa dibangun sampai datangnya suku Khassit yang sama sama berasal dari bangsa Indo-Jerman yang datang dari pegunungan Persia Barat, dan berakhirlah kerajaan Babylonia Lama atau Kuno yang didirikan oleh Hammurabi. terima kasih, semoga bermanfaat 😉
    Dayu Raras XI IPA 2 / 10

    Suka

  9. Wah!! Jangan berasumsi peradaban Bangsa Babylonia membawa pengaruh besar pada kehidupan manusia sampai saat ini. Kalau memang benar, berarti kehidupan orang Indonesia sama dengan tatanan kehidupan bangsa Babylonia dong.

    Disukai oleh 1 orang

    • Sekedar asumsi kenapa tidak boleh?.. Karena dugaan awal bisa berbagai macam yang bermuara pada salah dan benarnya asumsi tsb, tulisan ini hanyalah artikel dan bukan hasil penelitian. Trims apresiasinya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s