SENI DESAIN DIGITAL

Dalam beberapa artikel yang udah di posting dalam galeri web SENI RUPA SMASA sudah banyak yang membahas tentang karya seni klasik dengan berbagai aliran . maka dari itu kali ini akan membahas karya seni yang termasuk dalam kategori modern khususnya dalam perkembangan era tahun 1970an yang saat itu perkembangan seni mengalami krisis ketika membanjirnya produk industri dan bangunan yang serba rasional. Di era ini muncullah beberapa aliran atau konsep yaitu Bio Design, Memphis, Green Design serta Design Digital namun biar lebih mantep penjelasannya saya hanya akan mengupas dan membahas tentang “Desain Digital”.
Definisi Seni Desain Digital adalah istilah umum untuk berbagai karya seni dan praktek yang menggunakan teknologi digital sebagai bagian penting dari kreatif dan / atau proses presentasi. Sejak tahun 1970, berbagai nama telah digunakan untuk menggambarkan proses termasuk seni komputer dan seni multimedia, dan digital art itu sendiri ditempatkan di bawah payung besar istilah seni media baru.Dampak dari teknologi digital telah mengubah kegiatan seperti lukisan, gambar dan patung, sementara bentuk-bentuk baru, seperti seni di internet, seni instalasi digital, dan virtual reality, telah diakui menjadi praktek artistik. Seniman digital lebih umumnya sebagai istilah untuk menggambarkan seorang seniman digital (digital artist) yang memanfaatkan teknologi digital dalam produksi karya seni. Dalam pengertian yang diperluas, “seni digital” adalah istilah yang diterapkan untuk seni kontemporer yang menggunakan metode produksi massal atau media digital. Salah satu karya yang termasuk desain digital merupakan fotografi.
Couple-Graphics Design-Digital Art By mrm
Judul : Couple-Graphics Design-Digital Art
Karya : MRM
Ukuran : 1600×1200
Dalam karya ini bertemakan kasih sayang dan cinta saat menjelang pernikahan . Atau dapat disebut dengan foto pre weding . Mengapa karya ini dapat digolongkan kedalam desain pre wedding karena media yang digunakan adalah tehnologi digital berbasis modern Selain itu, seniman digital mungkin memanipulasi scan gambar, lukisan, kolase atau litograf, serta menggunakan salah satu teknik yang disebutkan di atas dalam kombinasi. Seniman juga menggunakan sumber lain dari informasi elektronik dan program untuk menciptakan pekerjaan mereka.
Sumber :
http://my.opera.com/perkasamu/albums/showpic.dml?album=5493312&picture=124739932
http://www.etcshow.com/news/desain/digital-art.html

oleh : Desita Rahma XI IS 2

Iklan

2 comments on “SENI DESAIN DIGITAL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s