(American Gothic) Art Deco

Art Deco adalah sebuah gerakan desain yang populer dari 1920 hingga 1939, yang mempengaruhi seni dekoratif seperti arsitektur, desain interior, dan desain industri, maupun seni visual seperti misalnya fesyen, lukisan, seni grafis, dan film. Gaya Art Deco dalam pengertian tertentu, adalah gabungan dari berbagai gaya dan gerakan pada awal abad ke-20, termasuk Konstruksionisme, Kubisme, Modernisme, Bauhaus, Art Nouveau, dan Futurisme. Pengaruh desain Art Deco diekspresikan dalam bentuk-bentuk seperti Kubisme dan Futurisme yang dekoratif. Tema populer lainnya adalah, trapesium, zig-zag, geometris, dan bentuk campuran, yang dapat dilihat pada karya-karya awal. Contoh dari gaya dan tema ini ada di Detroit, Michigan: Fisher Building dan Guardian Building.

Ciri-ciri karya Art Deco antara lain :
1. Biasanya menggunakan ornament-ornamen tradisional atau historikal.
2. Bersifat inovatif dan eksperimentatif.
3. Bangunan bertema Art Deco, biasanya bentuk bangunannya geometris dan dekorasinya dalam bentuk garis-garis lengkung dan zig-zag.
4. Arsitekturnya merupakan arsitektur ornament, geometri, energi, retrospeksi, optimisme, warna, tekstur, cahaya, dan simbolisme.
5. Garis-garis lengkung yang biasa digunakan merupakan melambangkan ekspresi gerak, teknologi modern, dan rasa optimisme.
Salah satu contoh karya Art Deco :

AMERICAN GOTHIC

Sumber http://en.wikipedia.org/wiki/File:Grant_DeVolson_Wood_-_American_Gothic.jpg

Judul Lukisan : American Gothic
Karya : Grant Wood
Dibuat Tahun : 1930
Lokasi : Amerika
Ukuran Lukisan : 74,3 cm x 62,4 cm
Sebuah ungkapan yang sebenarnya merujuk pada kondisi Amerika di akhir abad 19 . Ini mungkin sebuah karya fenomenal dari Wood yang melakukan observasi dan term makna “Gothic” itu sendiri. Saat itu konotasi ” Gothic” lekat dengan khasanah arsitektural yang dimaknai dalam esensi sebuah lukisan. Visual pasangan yang sangat konvensional, saklek, dingin dan penuh curiga terhadap orang asing, dan membuka makna akan pertanyaan tentang maksud visual lukisan ini.

Sumber : http://www.andywarholisme-td1a.blogspot.com/
Penulis :
1. Nadia Rizki N. (21) XI IPA 1
2. Puput Istika W. (25) XI IPA 1

Iklan

3 comments on “(American Gothic) Art Deco

  1. apakah pakaian serta atribut2 yg dpakai 2 org pd lukisan tersebut juga termasuk gaya art deco ? soalnya sbgian bsar dri lukisan tu tertutup pakian yg dikenakannya.

    Suka

    • menuruk keterangan diatas, Art Deco lebih merujuk pada tatapan mata orang pada masa tersebut, bukan mengarah pada pakaian dan atribut yang digunakan

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s