SALAH SATU CONTOH SENI RUPA KLASIK


Candi Singhasari atau Candi Singasari atau Candi Singosari adalah candi Hindu – Buddha peninggalan bersejarah Kerajaan Singhasari yang berlokasi di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia.
Candi Singosari ditemukan pada sekitar awal abad 18 (tahun 1800-1850) dengan pemberian nama/sebutan Candi Menara oleh orang Belanda.
Cara pembuatan candi Singhasari ini dengan sistem menumpuk batu andhesit hingga ketinggian tertentu selanjutnya diteruskan dengan mengukir dari atas baru turun ke bawah. (Bukan seperti membangun rumah seperti saat ini). Candi ini berlokasi di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, (sekitar 10km dari Kota Malang) terletak pada lembah di antara Pegunungan Tengger dan Gunung Arjuna di ketinggian 512 m di atas permukaan laut.

diposting oleh : dian budi ariyanti x-i

Iklan

3 comments on “SALAH SATU CONTOH SENI RUPA KLASIK

    • didirikan tahun 1304 dan ditemukan reruntuhannya pertamakali tahun 1803 oleh Nicolaus Engelhard, seorang Gubernur Pantai Timur Laut Jawa, pada tahun 1934 Departemen Survey Arkeologi Hindia Belanda merestorasi bangunan ini hingga selesainya tahun 1937. karena yang melakukan restorasi pemerintah Belanda banyak patung dan reruntuhannya disimpan di Museum Leiden Belanda.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s