Badai Pasti Berlalu

Affandi adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia, mungkin pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionisnya yang khas. Pada tahun 1950-an ia banyak mengadakan pameran tunggal di India, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Pelukis yang produktif, Affandi telah melukis lebih dari dua ribu lukisan. Beliau wafat pada 23 Mei 1990.
Salah satu karyanya yang terkenal yaitu lukisan yang berjudul Perahu dan Matahari (Badai Pasti Berlalu).

Lukisan ini menganut aliran ekspresionisme atau abstrak. Beliau menggunakan teknik ini dengan cara menumpahkan langsung cairan cat dari tube-nya kemudian menyapu cat itu dengan jari-jarinya. Sehingga terlihat seperti sebuah coretan yang berantakan. Namun sesungguhnya coretan tersebut memiliki berbagai makna yang dalam. Makna lukisan tersebut mengisahkan perjuangan manusia mengarungi samudera luas untuk mencapai suatu tempat yang dituju, dan dalam perjalanan tersebut banyak sekali rintangan, mulai dari ombak badai yang kecil hingga besar, namun setelah ombak dan badai berlalu, secercah matahari memberikan sinarnya, membawa mereka hingga suatu tempat tujuan yang mereka inginkan. Dari kisah mereka bisa diambil falsafah kehidupan, dimana mereka berhasil mengarungi samudera luas, karena memiliki sebuah tujuan pasti dan keinginan yang besar untuk meraih apa yang mereka inginkan, mereka gigih berusaha dan tidak pernah menyerah, mereka tidak perduli sebanyak apapun , sebesar apapun badai dan ombak menghadang, mereka menghadapinya, karena ombak dan badai pasti akan berlalu, berganti dengan indahnya sinar matahari, menuju tempat impian mereka.

Editor:
Ahda Widya Trinanda Ardan Fachreza Galih Adi Purwandika Insan Luhur Budi (IPA 1/2)

Iklan

4 comments on “Badai Pasti Berlalu

  1. assalamu’alaikum wr. wb.
    saya mau bertanya,bisakah anda menjelaskan,menurut anda sendiri,makna dari lukisan ini? atau paling tidak, walaupun lukisan ini hampir mendekati lukisan abstrak,adakah bentuk-bentuk semisal ombak,atau batu, atau lainnya yang anda tangkap?
    sekian pertanyaan dari saya,terima kasih….

    Suka

    • penjelasan yg tertera diatas merupakan hasil diskusi kami dengan cara mengkaji literatur literatur yg ada. untuk gambar yg berwarna merah itu menurut kamu adalah sebuah perahu dan goresan kuning disebelah kanan adalah matahari

      Suka

  2. met malam …
    saya mau bertanya, apakah semua karya affandi selalu menganut aliran ekspresionisme ?
    lalu dapatkah anda menjelaskan sedikit tentang perjalanan affandi secara jelas selama menjadi pelukis ?

    Suka

  3. met sore,
    apa yang dimaksud aliran ekspresionisme atau abstrak?
    lalu apa saja media yang digunakan dan apa jenis cat yang digunakan?
    dan bagaimana cara agar kita tahu makna yang terkandung dalam lukisan tersebut yang memiliki aliran abstak? tolong di jelaskan.
    terima kasih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s