“Keluarga Berencana” Versi Basoeki Abdullah

Assalamu’alaikum wr. wb.
      Mungkin banyak dari kalian yang belum tahun tentang pelukis yang satu ini. Padahal beliau adalah pelukis yang cukup terkenal pada masanya yaitu pada masa setelah kemerdekaan. Do you know Basuki Abdullah ? Basuki Abdullah adalah seorang maestro pelukis di Indonesia.Beliau lahir pada tanggal 25 Januari 1915 di Surakarta Jawa Tengah. Aliran lukisannya adalah realis dan naturalis. Ia pernah diangkat menjadi pelukis resmi Istana Merdeka Jakarta dan karya-karyanya menghiasi istana-istana negara dan kepresidenan Indonesia, disamping menjadi barang koleksi dari berbagai penjuru dunia. Sangat menakjubkan !
Salah satu karya dari Basuki Abdullah adalah sebuah lukisan yang diberi judul “Keluarga Berencana”. Dalam lukisan ini terdapat tiga ekor kuda yang terdiri atas sepasang kuda dewasa dan seekor kuda kecil. Kuda yang berwarna coklat pekat menggambarkan kegagahan seorang kepala keluarga yang mengayomi keluarganya. Kuda putih melambangkan seorang ibu yang lemah lembut. Serta yang ketiga, anaknya yang merupakan kuda ukurannnya paling kecil. Dengan kata lain lukisan ini sebenarnya menggambarkan sebuah keluarga ideal yang terdiri dari seorang ayah, ibu dan anaknya.
Bulu kuda-kuda tersebut kelihatan sangat nyata. Seperti aliran yang dianut oleh Basuki Abdullah yaitu aliran realisme.Lukisannya menampilkan suatu objek yaitu kuda-kuda yang berada di suatu padang rumput yang gersang karena berwarna cokelat.

 

Judul Lukisan : Keluarga Berencana
Pelukis : Basuki Abdullah
Aliran : Realisme Naturalis
Ukuran : 200 x 90 cm
Tahun Pembuatan : 1975
Media : Water Colour on Paper

Wassalamu’alaikum wr. wb

Penulis : Atika Nurlailika Oktapina, Fitria Amalia, Uswatun Arisah, Eka Indriani, Hilmi Abrooriansyah XII IPA 1/2

Iklan

11 comments on ““Keluarga Berencana” Versi Basoeki Abdullah

  1. tolong dijelaskan menurut anda seputar Aliran Realisme Naturalis yang dipakai oleh Basuki Adullah dalam melukis..

    Suka

    • Terima kasih atas pertanyaannya Taraa ..
      Yang pertama aliran naturalisme yang dipakaui oleh Basuki Abdullah itu adalah beliau melukis sesuatu sesuai dengan keadaan alam. Dalam lukisan yang kelompok kami tampilkan itu terlihat bahwa Basuki Abdullah memakai latar seperti padang pasir.
      Dan yang kedua aliran realisme adalah beliau melukis karya lukisannya sesuai dengan kenyataanya tanpa ditambahi aksen tertentu. Di dalam lukisan yang kami bahas, lukisan kudanya dilukis sesuai dengan bentuk aslinya kan, tidak ditambahi aksen aksen lain seperti dayap , jubah atau yang lainnya ….

      Suka

  2. menurut saya,aliran realisme naturalis yang dipakai oleh Basuki Abdullah adalah,ia melukis keadaan yang umum ada dalam kenyataan(nyata,real adanya), dan pada lukisan ini berupa pemandangan alam yang terlihat indah, namun tidak menambahkan unsur-unsur lain yang membuat lukisan semakin terlihat sangat indah(seperti mendekati aliran romantisme). Dan bila kita lihat karya-karya Basuki Abdullah yang lain, hampir semua lukisannya menggambarkan sesuatu yang real adanya terjadi dalam kehidupan menurut apa yang ia lihat,ia perhatikan,semisal lukisan “kakak dan adik”…

    Suka

  3. terima kasih atas pertanyaannya…
    menurut saya,yang membuat lukisan ini tampak menarik adalah lukisan tersebut terlihat hampir seperti aslinya,terutama pada lukisan kuda-kudanya dengan surai atau bulu dari kuda-kuda tersebut tampak sangat indah,natural, dan terlihat nyata.serta menurut saya judul dari lukisan ini menarik….
    Jadi menurut saya, keunggulan lukisan ini terletak pada gaya lukisan yang membuat lukisan ini tampak nyata,kemudian judulnya yang unik, serta makna yang terkandung dalam lukisan ini,yaitu sebuah keluarga kuda yang melambangkan keluarga berencana dengan 1 anak yang harmonis.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s