REALISME KERAKYATAN YOGYAKARTA

Assalamu’alaikum wr.wb.
Kami akan mempresentasikan hasil diskusi tentang realisme kerakyatan Yogyakarta. Realisme kerakyatan Yogyakarta dimulai ketika adanya Kepindahan ibu kota ke Yogyakarta, sejumlah pelukispun juga ikut berpindah ke Yogyakarta . Sebagian karyanya bertemakan perjuangan. Para pelukis yang tinggal di Yogyakarta ini mulai melukis karyanya yang berisi kritik an perkembangan keadaan sosial yang menyimpang. Pelukis Yogya dikenal sebagai Realisme Kerakyatan. Ada pula yang menyebutnya sebagai Realisme Sosial. Para pelukis tersebut mendirikan organisasi seniman yang dikenal sebagai ‘Pelukis Rakyat’. Organisasi ini semakin berkembang karena memiliki hubungan erat dengan tokoh pemerintahan.Kepedulian para seniman Yogyakarta terhadap penderitaan masyarakat amatlah tinggi, para periode selanjutnya ‘jiwa kritis’ yang telah menjadi ciri seniman Yogya pada umumnya tetap tumbuh ada sejumlah seniman generasi baru.

Contoh Lukisan Karya Affandi

Judul : ” Potret Diri & Topeng-topeng Kehidupan ”
Tahun : 1961
Ukuran : 110cm X 135cm
Media : Oil on Canvas

Karya Lukisan Afandi yang berjudul “Potret Diri & Topeng-topeng Kehidupan” merupakan salah satu karya langka dan istimewa dari Afandi. Lukisan ini memiliki nilai falsafah hidup yang dalam, dimana setiap individu Manusia yang ada di Dunia ini terlahir sebagai makhluk yang paling sempurna diantara makhluk-makhluk ciptaan Tuhan yang lainya seperti Malaikat, Jin, Hewan. Dimana kesempurnaan Manusia itu sendiri adalah terwujud karena adanya kelemahan terbesar yang dimiliki Manusia yaitu hawa nafsu yang cenderung berbuat untuk mengingkari kodrat sebagai makhluk yang sempurna, dan seringkali hawa nafsu digoda oleh berbagai bisikan-bisikan setan yang menyesatkan. Disini perwujudan dari bisikan-bisikan setan itu dilukiskan Afandi seperti sesosok Topeng-topeng yang berperan sebagai tokoh kejahatan dalam cerita-cerita Jawa.
Dan Topeng itu sendiri cenderung bukan wajah asli dari diri Manusia itu sendiri, dia adalah perwujudan dari bisikan-bisikan jahat yang menutupi hati dari kebenaran, sehingga membentuk karakter dalam tingkah laku dalam kehidupan nyata, kecuali mereka Manusia-manusia yang kuat, sabar, tegar dan selalu mendapat petunjuk dari Tuhan, yang bisa mengendalikan nafsu dengan baik dan benar dari Godaaan bisikan Topeng-topeng kehidupan, sehingga Nafsu menjadi kendaraanya menuju kesempurnaan. klik disini
Sekian.
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Editor : ANITA DEWI A, DEVY HERAWATI, HANIF RIZQI DINIARI, KIKY AGUSTINA K. XII IPA 1

Iklan

6 comments on “REALISME KERAKYATAN YOGYAKARTA

  1. tokoh seniman masa Realisme Kerakyatan Yogyakarta ini hanya Afandi apa masih ada yang lain? karena di sini yang di sebutkan hanya Afandi, apa beliau pula yang menjadi perintis seni rupa masa Realisme Kerakyatan Yogyakarta?

    Suka

  2. rata rata lukisan affandi memiliki ciri khas yang unik dan menarik .yang saya tanyakan apa nama gaya lukisan affandi tersebut ?

    Suka

  3. selamat malam, untuk kelompok ini saya ingin bertanya apa saja keunggulan yang dimiliki oleh lukisan tersebut sehingga menjadi lukisan yang istimewa dan langka dari Afandi ?

    Suka

  4. Assalamu’alaikum, apakah pelukis realisme kerakyatan memang hanya ada di jogja? apa di daerah lain ada juga? izin ambil beberapa materi dan gambar di atas untuk bahan makalah saya. terimakasih 🙂

    Suka

    • waalaikmslm.. realisme kerakyatan adalah gaya lukisan. dan banyak diikuti beberapa pelukis yang umumnya memiliki keterikatan batin dengan jogjakarta.. silahkan di ambil untuk bisa saling berbagi

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s