Arie Smith dan Kiprahnya pada Perkembangan Seni Lukis Indonesia

Masa Indonesia Jelita ditandai dengan datangnya pelukis dari luar negeri yang sebagian menetap di Indonesia untuk melukis keindahan alam Indonesia. Juga ditandai dengan masuknya pengaruh pengusaha dan pedagang pada masa penjajahan. Pada awal abad ke 20 banyak peminat lukisan alam di Indonesia.
Pada masa Indonesia Jelita (Indie Mooi) muncul banyak pelukis muda yang memiliki konsep berbeda dengan masa perintisan, yaitu melukis keindahan dan keelokan alam Indonesia.
Lukisan masa Indie Mooi hanya menyenangkan secara visual, serba indah namun miskin kreativitas dan tidak menghayati subyek yang dilukisnya, karena mereka terkena getah kesuraman seni lukis Belanda yang diakibatkan oleh peperangan Napoleon di Eropa yang tak kunjung padam.

Adrianus Wilhelmus Smith, lebih dikenal sebagai Arie Smith lahir di Zaandam, Belanda pada tahun 1916. Pindah dan tinggal di Bali dari 1956. Jatuh cinta dengan budaya Bali sejak itu.
Ia membentuk komunitas seniman di desa Pengosekan Ubud dekat dikenal sebagai ‘Young Artist’.

Lukisannya memiliki bentuk sederhana atau naif. Gaya ini mungkin mempengaruhi anggota Young Artist. Gaya “Young Artist” yang sekarang populer dalam lukisan Bali diperkenalkan oleh pelukis Belanda Arie Smith. Sebagain pelukis asing lainnya juga terinspirasi seniman Bali untuk mengadopsi teknik barat tetapi lukisan tradisional Bali masih dibuat. Tapi Arie Smith mempengaruhi secara dominan.

Lukisan mereka sering naif tapi kuat dalam warna. Mereka menggunakan warna yang tidak biasa untuk objek, seperti merah untuk laut, biru untuk kulit, kuning untuk langit, dll

Karya-karyanya ditampilkan di ARMA museum seni, Museum Neka di Ubud, Bali dan Penang Museum, Malaysia.

Judul : Full moon ceremony
Media : Canvas dan Cat Air

Yang tergambarkan dari lukisan ini adalah ketenangan dan keindahan pulau bali akan budaya dan bangunan bali yang khas dengan gapuranya.
Gaya Lukisan saat melukis karya ini adalah Young Artist, yang gaya lukisan dibuat olehnya sendiri

Editor : Dimas Herlambang, Fajar Sidiq R., Nurma Satria, Ghali Marzani XII IPA 3

Iklan

3 comments on “Arie Smith dan Kiprahnya pada Perkembangan Seni Lukis Indonesia

  1. Young Artist itu adalah nama organisasi seniman di desa Pengosekan dekat Ubud. gaya young artist itu gaya yang biasa digunakan oleh member organisasi itu

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s