Lahirnya organisasi seni rupa Indonesia dimulai dengan lahirnya PERSAGI (Persatuan Ahli – Ahli Gambar Indonesia) pada masa cita nasional yang dilatarbelakangi terjadinya pergolakan di Bangsa Indonesia dalam segala bidang salah satunya bidang kesenian. Tokoh kesenian masa itu adalah S.Sudjodjono yang berusaha mendapatkan hak yang sejajar dengan bangsa lain. Beliau merasa tidak puas dengan kehidupan seni rupa masa Indonesia jelita yang serba indah karena bertolak belakang dengan kenyataan kondisi Indonesia pada masa itu. Karena itu S.Sudjodjono dan Agus Jayasuminta beserta kawan – kawannya mendirikan PERSAGI yang bertujuan untuk mengembangkan seni lukis di Indonesia dengan mencari dan menggali nilai – nilai asli yang mencerminkan kepribadian Indonesia yang sebenarnya, selain itu PERSAGI juga berupaya mengimbangi Lembaga Kesenian Asing Kunstring yang mampu menghimpun lukisan – lukisan bercorak modern.
Cita PERSAGI masih berlanjut pada masa pendudukan jepang dan masih melekat pada para pelukis. Para pelukis menyadari seni lukis berperan penting untuk kepentimgan revolusi. Selain PERSAGI , pada masa ini didirikan KEIMIN BUNKA SHIDOSO (Lembaga Kesenian Indonesia – Jepang) oleh Dai Nippon dan diawasi seniman Indonesia yang bertujuan untuk propaganda pembentukan kekaisaran Asia Timur Raya. Kemudian berdirilah PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat) sebagai organisasi asli orang Indonesia yang didirikan tahun 1943 oleh Bung Karno, Bung Hatta, Ki Hajar Dewantara dan KH. Mansur yang bertujuan untuk memperhatikan dan memperkuat perkembangan seni dan budaya khususnya seni lukis yang dikelola S.Sudjodjono dan Afandi , selanjutnya bergabunglah beberapa pelukis dalam PUTERA seperti Hendra, Sudarso, dan sebagainya.
Setelah Indonesia merdeka , organisasi dibidang seni rupa (lukis) bermunculan diantaranya:
a) Diawali oleh SIM (Seniman Indonesia Muda) berdiri tahun 1946 yang dipimpin S.Sudjodjono, dengan anggotanya: Affandi, Sudarso, Gunawan, Abdus Salam, Tribus dll.
b) Karena selisih paham, Affandi dan Hendra keluar dari SIM dan mendirikan Perkumpulan Pelukis Rakyat tahun 1947. Affandi dan Hendra menjadi ketua dalam organisasi ini dengan anggota diantaranya Sasongko, Kusnadi, dll.
c) Selanjutnya tokoh SIM dan Pelukis Rakyat mendirikan Lembaga pendidikan Akademi Seni Rupa pada 1948. Lembaga ini memberikan kursus menggambar yaitu Prabangkara.
d) Selain itu juga berdiri Balai Perguruan Tinggi Guru Gambar tahun 1950 di Bandung yang dipelopori oleh Prof.Syafei Sumarja dibantu Muhtar Apin,Ahmad Sadali dan lain – lain.
e) Kemudian pada tahun 1959 Balai Perguruan Tinggi Guru Gambar berubah menjadi fakultas seni rupa di Institut Teknologi Bandung.
Lukisan Kawan-kawan Revolusi ,merupakan karya Sindudarsono Sudjojono pada tahun 1947.
Dengan media cat minyak di lukis atas kanvas dan memiliki ukuran 95×149 cm.
Lukisan ini dibuat ketika Bangsa Indonesia berusaha mempertahankan kemerdekaan. Saat itu S Sudjojono tetap berkarya dengan melukis kawan-kawan pejuang yang berusaha mempertahankan kemerdekaan bangsa. Lukisan Kawan-kawan Revolusi seakan bercerita bahwa pada masa itu seluruh pejuang saling bahu membahu mempertahankan kemerdekaan. Semangat dari para pejuang tercermin dalam lukisan ini.
editor : Bondan Arif Dhea Amelia Lidya Desiederya Ratna Putri Rizky Annisa Kelas XII IPA 5
karya seni yang dihasilkan pada masa itu apakah mempunyai makna tertentu yang sangat dominan?
SukaSuka
makna pada lukisan yang dihasilkan pada periode lahirnya organisasi ini lebih dominan pada rasa nasionalisme ,karena periode ini diawali ketika Indonesia masih berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan. Jadi makna lukisannya masih berpusat mengenai nilai-nilai asli kehidupan bangsa Indonesia
SukaSuka
Apakah organisasi PUTERA memiliki hubungan yang khusus dalam Lahirnya Organisasi Seni Rupa Indonesia?
SukaSuka
Ada.
Sebelum PUTERA di bentuk telah berdiri berbagai organisasi seni lukis di Indonesia untuk mengimbangi organisasi seni lukis yang didirikan oleh bangsa asing yaitu Jepang. PUTERA di sisi lain juga bertujuan untuk memperhatikan dan memperkuat perkembangan seni dan budaya Indonesia termasuk seni lukis yang di koordinasi oleh S Sudjojono dan rekan rekan seniman lainnya.
Dari situ pelukis-pelukis Indonesia mulai bergabung dengan PUTERA ,seperti Hendra dan Sudarso.
SukaSuka
bisa dijelsakan sedikit tentang gaya lukisan S.Sudjodjono itu seperti apa ? terimakasih..
SukaSuka
lukisan S.Sudjodjono bergaya sesuai dengan nilai – nilai asli indonesia.
SukaSuka
Apakah makna dari lukisan kawan-kawan revolusi tersebut? bisa dijelaskan ?
SukaSuka
lukisan kawan – kawan maksudnya pada masa itu hubungan pertemanan sangat kuat dan saling tolong menolong dalam membela negara memperjuangkan kemerdekaan.
SukaSuka
apa ciri-ciri karya seni pada masa persagi??
SukaSuka
@anna :
ciri-ciri karya pada masa persagi diantaranya :
1. Banyak mengambil tema yang berhubungan dengan rakyat untuk karyanya
2. Karya yang dihasilkan tidak selalu mengambil obyek alam yang nyata
3. Lebih menonjolkan nilai-nilai asli kehidupan Bangsa Indonesia
4. Tersirat unsur semangat dan keberanian dalam setiap karyanya
SukaSuka
bisa dijelas apakah peran PUTERA sama pentingnya dengan peran PERSAGI dalam mengembangkan seni lukis di indonesia?
SukaSuka
peran PUTERA dan PERSAGI sama pentingnya karena sama – sama berperan untuk mengembangkan seni dan budaya Indonesia.PUTERA bertujuan untuk memperhatikan dan memperkuat perkembangan seni dan budaya di indonesia yang pada saat itu dijajah jepang.PERSAGI bertujuan untuk mengembangkan seni lukis di Indonesia dengan mencari dan menggali nilai – nilai asli yang mencerminkan kepribadian Indonesia yang sebenarnya
SukaSuka
ijin copy paste wan. <(")
SukaSuka
materi lukisan masa cita nasional
SukaSuka