Whaam! 1963 by Roy Lichtenstein 1923-1997

POP ART

Pop Art adalah seni budaya populer. Pop Art merupakan kependekan dari popular art. Seni ini pertama kali dicetuskan oleh seorang kritikus Inggris bernama Lawrence Alloway (1954). Pop Art memliki gerakan yang mirip dengan Dadaisme, yaitu wujud protes kepada masyarakat yang bergaya hidup konsumtif. Oleh karena itu subjek yang biasa digunakan dalam Pop Art merupakan ikon disekitar kita, seperti orang-orang terkenal, iklan, kaleng minuman, tokoh komik, boneka mainan, dan poster film. Ini adalah bentuk terbaru dari gerakan artistik setelah abstrak ekspresionisme. Sebuah cabang dari pop yang merupakan jenis seni yang disebut “lowbrow”. Itu dimulai pada tahun 1970-an di California, Amerika Serikat dan sering disebut “surealisme pop”.
Pop Art adalah seni yang menyenangkan, warna-warni dan lucu. Sebanyak itu dapat dikaitkan dengan kesenangan anak kecil dan kesederhanaan, Pop Art memiliki sedikit teori seni untuk itu. Pop Art kerap dikelompokkan ke dalam seni Neo Avant Garde, yaitu gaya estetik yang radikal melihat ke masa depan.
Salah satu artis pop paling terkenal adalah seniman Andrew Warhola atau biasa dikenal Andy Warhol (1928-1987). Salah satu lukisan Andy Warhol yang paling terkenal adalah Campbell’s soup can. Namun karya yang mengangkat namanya adalah potret artistik Marilyn Monroe. Warhol tercatat telah berbaur dengan berbagai kalangan subkultur yang berbeda dan harus memiliki beberapa pengaruh pada bagaimana dan mengapa ia menciptakan seni yang terkenal.


Campbell’s soup can


potret artistik Marilyn Monroe

Artis pop terkenal yang lainnya adalah Roy Lichtenstein (1923-1997). Lichtenstein suka melakukan ekspresionisme abstrak tetapi kemudian berpindah aliran ke pop art di tahun 1960-an. Dia menciptakan seni menggunakan komik sebagai subyek. Ia juga dikenal untuk menciptakan reproduksi gaya pop art pelukis master seperti Monet. Salah satu lukisan yang terkenal pada tahun 1963 adalah ‘Whaam!’.


Whaam!

Pada tahun 1962 pameran publik pertama di dunia Pop Art ditunjukkan di Pasadena Art Museum. Karya-karya seniman termasuk Jim Dine, Roy Lichtenstein, Andy Warhol, Robert Dowd, Phillip Hefferton, Joe Goode, Edward Ruscha, dan Wayne Thiebaud ditampilkan di pameran ini.

Sumber : http://www.osnatfineart.com/pop-art.jsp

Oleh : Alyssa Dewiputri H (03) dan Mutiara Monica (20 ) – XI IPA 1

About these ads

2 comments on “POP ART

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s