Aliran Naturalisme Basuki Abdullah

Senirupa mengalami perkembangan disetiap masa pergantian waktu baik dalam jenis media ,teknik yang digunakan serta aliran. Di era modern ini berkembang berbagai aliran seni yang tergolong dalam klasifikasi senirupa modern / kontenporer yaitu Realisme,Naturalisme,Romantisme,Impresionisme,Ekspresionisme,pop art, surealisme abstrakisme dll. Dalam pembahasan ini akan membahas salah satu dari aliran seni yaitu aliran naturalisme salah satu tokoh penganutnya serta karyanya.
Aliran naturalism dapat diartikan sebagai jenis aliran yang memiliki dasar ciri karya yang melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyata, artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita namun mengutamakan keindahan objeknya. Hal ini merupakan pendalaman labih lanjut dari gerakan realisme pada abad 19 sebagai reaksi atas kemapanan romantisme. Sehingga terkadang aliran naturalism dianggap memiliki kesamaan dengan aliran realism namun pada dasarnya aliran realism lebih menekankan bukan pada obyek tetapi suasana dari kenyataan tersebut. Penganut naturalisme berpendapat bahwa satu-satunya dunia yang dapat dipercaya secara empiris ialah dunia eksitensi yang bersifat alami. Makna naturalisme secara khusus ada dua hal yaitu :
1. Hasil berlakunya hukum alam secara fisik. Misalnya, gerhana matahari merupakan
gejala alami/ terjadi akibat hukum gearakan benda angkasa.

2. Terjadi menurut kodrat dan wataknya sendiri. Misalnya, orang mengatakan: “Secara
alami, wajar jika ia berbuat demikian. Dalam seni rupa aliran naturalisme menganut suatu faham yang memuja kebesaran alam oleh karena itu bagi kaum naturalis tidak mungkinlah untuk melukiskan bagian alam ini yang jelek-jelek. Lukisan naturalistik selalu menggambarkan keindahan alam sehingga natularisme memiliki sifat idealistic.

Cirri dari aliran naturalism yakni :
1. Bertemakan keindahan alam serta isinya.
2. Memiliki teknik gradasi warna. Diartikan bahwa dalam aliran naturalism menonjolkan penggunaan sebuah warna yang tersusun dari warna yang lebih tua sampai ke yang lebih muda. Atau dari yang gelap hingga terang.
3. Memperhatikan keaslian alam seperti memperhitungkan posisi datangnya sinar dll.
4. Memiliki susunan, perbandingan, perspektif, tekstur, pewarnaan serta gelap terang dikerjakan seteliti mungkin dan setepat – setepanya.
5. Dll

Diindonesia cukup banyak seniman yang menganut aliran naturalism, beberapa seniman naturalis terkenal yaitu Raden Saleh, Abdullah Sudrio Subroto, Basuki Abdullah, Gambir Anom dan Trubus.
Salah satu karya naturalis terkenal, Basuki abdullah yaitu :

Pelukis: Basuki Abdullah
Judul : ” Sang Proklamator kemerdekaan “
Ukuran : 48cm X 58cm
Media : Oil on Canvas
Tahun Karya: 1962
Dalam lukisan ini sang pelukis,Basauki Abdullah menggambarkan sebuah figure penuh wibawa dari seorang proklamator kemerdekaan RI Melukiskan figur sang proklamator kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus , Presiden RI pertama. Beliau juga merupakan seorang bangsawan, seorang tokoh pemimpin legendaris yaitu ” Ir. Soekarno” yang dilukiskan dengan accsoris berupa kacamata hitam dengan posisi close up menghadap kesamping, perspektif lukisan dari bawah, yang mampu menonjolkan aura seorang negarawan. seolah sang pelukis ingin menyampaikan makna akan kesederhanaan jiwa yang rendah hati dari sosok sang proklamator.

Sumber :

http://lelang-lukisanmaestro.blogspot.com/

http://shamagachi415.blogspot.com/2012/08/apresiasi-dan-aliran-seni_3.html

http://desxripsi.blogspot.com/2012/07/aliran-aliran-seni-rupa-tokoh-dan.html#axzz37AWtHkoj

oleh :
Nia Aninditya Zagita
xi ips 2

About these ads

3 comments on “Aliran Naturalisme Basuki Abdullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s