index

Budaya Rupa Zaman Pencerahan (Renaissance)

Secara harfiah, Renaissance berasal dari bahasa latin yaitu kata Re berarti kembali dan naitre berarti lahir. Secara umum Renaissance dapat diartikan sebagai masa peralihan antara abad pertengahan ke abad modern yaitu di tandai dengan lahirnya kreasi baru yang lebih bersifat duniawi. Menurut pendapat para ahli sejarah, Renaissance awalnya di mulai di Italia pada akhir abad pertengahan. Kemudian meluas hingga ke seluruh Eropa.
Arsitektur Renaissance memperlihatkan sejumlah ciri khas arsitektur. Munculnya kembali langgam langgam yunani dan Romawi seperti bentuk tiang langgam, donik, lonik, konintia, dsb dapat di sampaikan sebagai ciri yang pertama. Bentuk bentuk denahnya sangat terikat oleh dalil dalil yang sistematik, yaitu bentuk simetris, jelas, dan teratur dengan teknik kontruksi yang bersahaja ( kalau di bandingkan dengan masa sekarang, masa abad ke 20 khususnya).
Proporsi yang harmonis menguasai perhatianarsitek seniman Renaissance, yang berusaha menghubungkan matra tiap bagian utama bangunannya dengan satu model, atau satuan panjang yang menjadi dasar. Contoh proporsi Michael Angelo yang rumit pada rancangan gereja St. Petrus adalah satuan bangunan diukur secara vertikal dengan perbandingan 3:2:1. Garis bentuk bangunan merupakan segitiga sama sisi, merupakan bentuk geometris yang benar benar simetris.

Bangunan Masa Renaissance.

st. petrus

Gereja Basilika St. Petrus di Roma (vatikan). sumber http://www.raptim-indonesia.co.id/
Pembangunan gereja ini di mulai pada tahun 1506. Saat itu para arsitek barsaing merancang gereja tersebut. Sehingga hanya kubah besarnya saja rancangan Michael Angelo yang menyerupai rencana asli.
Diatas deretan pilar, berdiri patung-patung besar (yang di hormati dalam agama kristen) menghadap halaman dalam yang berbentuk oval. Patung tersebut mulai bergaya Barok yang di rancang oleh Bernini puluhan tahun kemudian. Hal ini menguatkan ciri budaya Renaissance yang bersifat pemujaan kepada keagungan Tuhan.

Penulis :
1. Ageng Wahyu K. (01) XI IPA 1
2. Alyssa D.H (03) XI IPA 1
3. Mutiara Monica (20) XI IPA 1
4. Deby Anggara P (10) XI IPA 2

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s