Apresiasi 2 karya lukisan Affandi

Kami kami akan membahas 2 lukisan Affandi yakni Borobudur di Pagi Hari dan Para Pejuang

Judul : Borobudur Pagi Hari
Tahun : 1983
Ukuran : 150 cm x 200 cm
Media : Cat Minyak

“Borobudur Pagi Hari” merupakan salah satu karya Affandi yang terinspirasi oleh megahnya candi Borobudur dan lingkungan sekitar pada masa itu, saat Affandi melintas dan memperhatikan Borobudur di pagi hari.
Obyek matahari selalu menarik perhatian di beberapa karya beliau sebagai fokus pendukung utama. Warna – warna dingin dan suasana tenang mendominasi lukisan ini karena melukiskan suasana pagi hari yang cerah . Dan dilukisan ini Affandy lebih nenonjolkan obyek alam sebagai latar belakang. Perpaduan warna yang digunakan semakin menghidupkan lukisan tersebut karena warna yang digunakan padu antara warna satu dengan warna yang lain.
Dan dilukisan tersebut gambar candi Borobudur terlihat sangat jelas tanpa kita harus menganalisis makna lukisan tersebut. Dan bentuk mataharinya tidak menyerupai matahari tetapi itu semua malah membuat lukisan tersebut bagus karena menyatu dengan warna langit yang ada pada lukisan tersebut. warna hijua di lukisan tersebut menggambarkan pepohonan yang ada di situ. walaupun gambar pohon tersebut tidak jelas tetapi sangat bagus. warnyapun juga kontras dengan warna lainnya.

Judul : Para Pejuang
Tahun : 1972
Ukuran : 100 cm x 135 cm
Media : Cat Minyak

Lukisan affandi ini berjudul “Para Pejuang” dilukis menggunakan cat minyak pada tahun 1972. Lukisan ini menggambarkan mengenai semangat pahlawan – pahlawan Indonesia untuk meraih kemerdekaan Indonesia dengan mengorbankan jiwa dan raga mereka untuk Indonesia. Lukisan ini memiliki nilai dan makna historis yang tinggi, dimana karya ini terinspirasi dari semangat baja para Pejuang Indonesia.
Warna-warna yang terang, serta keunikan goresan pada lukisan tersebut menjadi satu sebuah kombinasi sempurna dalam karya lukisan bernilai seni tinggi. Akan menjadi koleksi kebanggaan tak ternilai bagi siapapun yang mengkoleksi Karya Lukisan hebat ini. Dalam lukisan ini sangat terlihat perjuangan para pahlawan yang sangat semangat memperjuangkan Indonesia.
Dan dalam lukisan tersebut terlihat juga semangat para pahlawan yang sangat berkobar – kobar seperti api. Dan tidak lupa dalam lukisan tersebut adanya bambu runcing, bendera merah putih, serta ikat kepala sebagai ciri khas para pejuang bangsa Indonesia.

Editor : Anggie Rena Sartika, Cahya Mardiah Anugrahani, Rizki Dewi Wijayanti, Dewi Citrawati XII IPA 3

About these ads

21 comments on “Apresiasi 2 karya lukisan Affandi

  1. Affandi dalam penggunaan warna pada lukisan tidak berdasar pada teori seni yang sangat mengikat akan tetapi menuruti kata hati pada saat berkarya. Affandi lebih menekankan pada ekspresi jiwanya pada saat itu sehingga warna muncul secara naluriah tanpa ada perencanaan secara teoritis.
    Teknik yang digunakan adalah teknik penuangan cat langsung dari tubenya dan dengan sapuan tangan secara langsung tanpa bantuan kuas atau palet.
    Kombinasi warna yang tertuang berdasar improvisasi beliau saat berkarya.
    Tingkat kemurnian seni atau kata lainnya nilai seni semakin tinggi jika mampu menemukan bentuk baru. semakin menyimpang dari bentuk alam semakin tinggi nilai seninya. karena pengartian seni secara murni adalah bukan peniruan bentuk alam, akan tetapi pencitraan bentuk-bentuk baru.
    Karena Affandi berkarya menuruti kata hati para pengamat seni berdasarkan bentuk lukisan beliau dapat digolongkan aliran Ekspresionisme. tentunya dalam berkarya Affandi tidak mengarah pada suatu aliran karena akan berpengaruh pada kemurniannya dalam berkarya seni. Pengkategorian aliran dilakukan oleh pengamat seni/kritikus/kurator.

    semoga dapat membantu menjawab beberapa pertanyaan diatas.

    Suka

    • trima kasih atas kesinisannya….. semoga dapat menjadi koreksi kami. jika merasa kurang pantas tulisan kami silahkan di kritik aja pada kekurangan kami. harap maklum karena kami masih belajar. mohon maaf jika tulisan kami kurang berkenan

      Suka

  2. jadi semua lukisan yang dibuat oleh affandi itu alirannya ekspresionisme? tolong reply cepat yaa, ada tugas ni;;)

    Suka

    • Tidak semua lukisan Afandi beraliran ekspresionis, Pada awalnya Affandi melukis dengan aliran realis. yang seiring perjalanan berkeseniannya beliau pada akhirnya menetapkan diri pada aliran ekspresionisme, mohon maaf kalau agak lama jawabnya

      Suka

    • bukan saudaraku, tapi dari blog yang lain. silakan klik di gambar lukisan borobudur di pagi hari, akan mengarah pada sumber dimana kami mengambil artikel ini. kami tidak sekedar copas aja, tapi ada beberapa yang kami edit sesuai dengan pemahaman kami.

      Suka

    • wah.. setahu saya affandi melukis nggak mikir merek. keindahan karya ditentukan oleh jiwa pembuatnya. keawetan karya juga tergantung orang yang merawatnya. tahun 50 an cat minyak masih punya kualitas yang hampir sama antara satu dg lainnya dan tdk terlalu banyak merk. beda dengan sekarang. baru dibuat sebulan2 bulan udah berubah warnanya jika pakai cat yg kurang berkwalitas.

      Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s