golden-statue-among-terracotta-warriors-in-xian

SENI RUPA CINA PURBA

“Keajaiban Makam Kerajaan Cina”

Makam Kaisar Tiongkok, Qin Shi Huang disebut-sebut sebagai salah satu penemuan arkeologi terbesar abad-20. Qin Shi Huang adalah kaisar pertama Dinasti Qin yang memimpin Tiongkok pada periode 221 SM-210 SM.

Salah satu karya munumental Kaisar Qin Shi Huang selain penyempurnaan konstruksi bangunan Tembok Besar Cina ialah makam agungnya sendiri. Makam Agung ini berbeda dengan Piramida Agung di Giza yang dibangun Fir’aun sebagai tempat peristirahatan terakhirnya. Kaisar Qin Shi Huang lebih memilih menjadikan makamnya seperti sebuah istana dengan penjagaan ribuan patung prajuritnya.

Terdapat kurang lebih 8000 patung prajurit beserta kuda-kuda perang yang berdiri berjejer di sepanjang makam. Yang lebih menarik, semua patung tersebut antara satu dengan yang lainnya mimik wajah, pakaian, model rambut, dan persenjataan tidak sama. Dan patung-patung tersebut juga dibedakan oleh pangkat kemiliteran seperti Jendral, Perwira, hingga Prajurit biasa, dan patung prajurit yang memiliki ukuran tubuh paling tinggi ialah yang berpangkat Jendral.

Patung-patung yang biasa disebut Prajurit Teraccota  ini secara keseluruhannya terbuat dari tanah liat yang dibentuk dalam cetakkan. Variasi tingginya antara 183cm-195cm, bagian kepala dibuat secara terpisah dari badan dengan tujuan agar patung-patung tersebut memiliki bentuk dan mimik wajah yang berbeda, untuk bagian mata, bibir, dan telinga dibuat secara manual dan disempurnakan dengan polesan tangan si pematung. Patung yang telah jadi kemudian dibakar agar dihasilkan konstruksi yang lebih keras dan kokoh, dan untuk finishing-nya dilakukan pengecatan pada patung-patung tersebut.

Editor : Devi Susanti, Dimas Bagas, Rhieskhy Arniansya, Satria Budi, Edy Susanto XI IPA 4

About these ads

7 comments on “SENI RUPA CINA PURBA

  1. Menurut legendanya, Qin Shi Huang,kaisar pertama Cina,dikuburkan disuatu tempat rahasia bersama harta karun yang tak terhingga,budak-budak,dan selir-selirnya.Konon karena tidak ingin ada yang mengambil hartanya,ia memerintahkan agar semua orang yang tau letak kuburannya dikuburkan bersamanya. Terdapat 8.000 patung tentara,130 kereta tempur berlapis emas,520 patung kuda,dan 150 kuda kavaleri. Sayang,disana tetap tidak ditemukan kuburan sang kaisar,jadi dimanakah letak kuburan dari sang emperor masih merupakan rahasia hingga sekarang.

    Suka

  2. masih banyak harta benda berharga Kaisar Qin Shi Huang yang belum ditemukan dan tersimpan di suatu tempat tersembunyi, dan katanya ditempat itu terpasang perangkap-perangkap yang bisa menembakkan anak panah secara otomatis kepada siapapun yang berani mengusiknya.
    woww ..

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s